Waspada 7 Tanda Tak Ada Kebahagiaan dalam Pernikahan

Waspada 7 Tanda Tak Ada Kebahagiaan dalam Pernikahan

JawaPos.com – Jika hubungan dengan pasangan dalam rumah tangga sudah terasa hambar, berhati-hatilah. Pelajari bagaimana mengenali tanda-tanda pernikahan yang tidak bahagia. Menyelamatkan pernikahan tentu bisa mencegah adanya korban akibat retaknya hubungan, misalnya anak-anak.

Cobalah untuk menemukan apa yang perlu diubah atau diperbaiki dalam pernikahan sebelum membuat keputusan untuk bertahan atau berpisah. Cinta adalah landasan yang paling dasar, landasan dan fondasi pernikahan. Tidak ada yang menginginkan pernikahan tanpa cinta dan tidak bahagia.

“Hanya 60 persen orang yang bahagia dalam rumah tangga mereka” menurut Pusat Penelitian Opini Nasional Amerika Serikat.

Dilansir dari Marriage, Minggu (30/8), Sylvia Smith menjelaskan sangat sulit untuk mengetahui apakah pasangan berada dalam pernikahan yang tidak bahagia. Menurutnya, ada beberapa tanda yang menunjukkan fakta bahwa pernikahan itu tanpa cinta dan tidak bahagia.

1. Komunikasi yang Tidak Efektif

Kurangnya komunikasi terbuka adalah salah satu tanda utama pernikahan yang tidak bahagia. Misalnya tidak berbicara satu sama lain sambil bertatap muka meskipun berada di lokasi sama satu sama lain. Anda lebih suka menggunakan teks daripada komunikasi verbal. Ini adalah tanda-tanda bahwa komunikasi sedang berjuang. Bagaimana cara menyelamatkan pernikahan jika komunikasi dalam pernikahan terkendala?

2. Adu Argumen yang Tak Sehat

Jika sudah menyerah untuk berdebat dengan pasangan, tetapi merasa semakin jauh dari sebelumnya, itu pertanda bahwa kalian berada dalam pernikahan tanpa cinta dan tidak bahagia. Perkelahian mengarah pada pertengkaran tapi sulit berusaha memperbaiki hubungan. Perang dingin bisa berubah menjadi kebencian. Pasti tiap rumah tangga ada saja masalah yang menyebabkan pertengkaran dalam hubungan, tetapi jika bisa diselesaikan hal ini dapat memperkuat hubungan.

3. Tak Punya Masa Depan Bersama

Apa gunanya pernikahan jika tidak punya masa depan bersama? Jika tidak membayangkan masa depan bersama, ada kemungkinan tidak ada cinta dalam pernikahan. Bahkan jangan sampai Anda membayangkan hidup tanpa pasangan.

4. Pasangan Tak Dilibatkan

Salah satu tanda pernikahan yang tidak bahagia, Anda berdua tidak saling memahami dan tidak mau saling membantu. Salah satunya tidak lagi bertanya kepada pasangan tentang pendapatnya dalam mengambil keputusan penting. Saat menikah, pasangan mengambil alih peran sebagai teman dan penasihat untuk semua keputusan penting. Jika mereka tidak lagi berada dalam peran itu, jelas ada kurangnya kebahagiaan dalam pernikahan.

5. Tak Ada Gairah

Tidak ada lagi hubungan intim atau kasih sayang fisik dalam pernikahan. Itu bisa jadi pertanda pernikahan tidak bahagia tanpa cinta. Kurangnya keintiman dan sentuhan fisik dari kasih sayang adalah tanda-tanda pernikahan yang tidak bahagia.

6. Merasa Tak Aman

Ketika merasa tidak nyaman, tidak pasti, atau cemas bersamanya, pernikahan justru bisa menjadi cengkraman.
Ketidakamanan dan ketakutan, adalah tanda-tanda pernikahan yang tidak bahagia.

7. Tak Ada Chemistry

Saat bersama tetapi tidak benar-benar bersama, itu adalah indikator jelas dari pernikahan yang tidak bahagia. Anda bisa berada di ruangan yang sama, tetapi salah satunya sibuk sendiri dan yang lainnya juga. Pasangan tidak merasa terhubung satu sama lain meskipun masih tidur bersama di ranjang yang sama. Kadang-kadang, seolah pasangan mulai berjarak satu juta mil. Berhati-hatilah.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles