WHO Bentuk Kemitraan Pastikan Vaksin Virus Corona Tak Dimonopoli

by

in
WHO Bentuk Kemitraan Pastikan Vaksin Virus Corona Tak Dimonopoli

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (Dirjen WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: AFP)

New York, Jurnas.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membentuk kemitraan baru untuk memastikan vaksin virus corona (COVID-19) didistribusikan ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah begitu dikembangkan.

Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, pihaknya bekerja dengan vaksin CEPI (Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI) dan Global Alliance for Vaccines and Immunization (GAVI), dua organisasi yang bertujuan menyediakan akses ke vaksin dalam populasi yang kurang terlayani.

“Hanya bersama, kita dapat menghentikan pandemi ini dan menyelamatkan hidup dan mata pencaharian,” kicau Ghebreyesus di akun Twitternya pada Senin (13/7).

Komentarnya itu muncul di tengah kekhawatiran bahwa negara-negara kaya, seperti Amerika Serikat (AS) dapat mencoba membeli semua stok vaksin dan mendistribusikannya ke warga mereka terlebih dahulu.

The Guardian melaporkan, AS sudah membeli hampir semua persediaan selama tiga bulan ke depan dari salah satu dari dua obat yang terbukti bekerja melawan COVID-19, tak terkecuali Inggris, Eropa, atau sebagian besar dunia. Hal itu merujuk pada keputusan AS membeli lebih dari 500.000 dosis produksi remdesivir Gilead.

Baca juga.. :

WHO dan organisasi mitra mereka, termasuk CEPI, mengumumkan pada akhir Juni rencana USD18,1 miliar untuk membeli 2 miliar dosis vaksin COVID-19 untuk populasi berisiko tertinggi setelah vaksin tersebut dikembangkan.

Dari total ini, USD11,3 miliar untuk menutup investasi dalam enam bulan ke depan, termasuk sekitar USD2 miliar dalam pendanaan untuk komitmen pasar maju untuk mengamankan dosis untuk LMICs (negara berpenghasilan rendah dan menengah).

CEPI yang didirikan oleh Yayasan Bill & Melinda Gates pada tahun 2016 meluncurkan  Fasilitas Akses Global Vaksin COVID-19 (COVAX) untuk memastikan akses yang setara mendapatkan vaksin COVID-19.

Pada akhir 2021, para pejabat kesehatan global menyarankan bahwa dosis dapat diberikan kepada individu yang berisiko tinggi, petugas kesehatan, orang berusia di atas 65 tahun, dan orang dewasa dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya.

“Mitra (COVAX) akan bekerja bersama untuk menyiapkan kerangka kerja dan mekanisme yang diperlukan untuk memastikan alokasi yang adil, dari sebuah vaksin,” bunyi siaran pers di situs web CEPI.

Jika vaksin yang aman dan efektif ditemukan, pada akhirnya kapasitas produksi yang cukup akan diamankan, artinya semua yang membutuhkan vaksin dapat memperolehnya. Namun, selama proses peningkatan, akan ada periode waktu di mana persediaan vaksin terbatas dan karenanya perlu diprioritaskan.

“Ketika vaksin yang berhasil ditemukan, permintaan di seluruh dunia akan ada miliaran dosis untuk memenuhi kebutuhan epidemiologis. Tetapi pasokan awal pasti akan terbatas. Perkiraan kasus terbaik saat ini adalah bahwa tidak lebih dari beberapa ratus juta dosis akan tersedia pada Desember 2020,” kata Gavi.

Gavi diciptakan pada tahun 2000, juga oleh Yayasan Bill & Melinda Gates.

TAGS : Organisasi Kesehatan Dunia Vaksin Virus Corona Tedros Adhanom Ghebreyesus

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/75333/WHO-Bentuk-Kemitraan-Pastikan-Vaksin-Virus-Corona-Tak-Dimonopoli/