Yaman Tuntut Transparansi PBB Setelah Tuduhan Korupsi

by

in
Yaman Tuntut Transparansi PBB Setelah Tuduhan Korupsi

Seorang demonstran memegang bendera PBB selama protes menentang pemotongan dana AS. Reuters

Jakarta, Jurnas.com – Pemerintah Yaman yang diakui secara internasional mendesak PBB untuk mengungkapkan rincian lengkap penyelidikan internal yang telah diluncurkannya terhadap tuduhan korupsi oleh staf yang dikerahkan ke negara itu.

Investigasi yang dilakukan oleh Associated Press menemukan beberapa pekerja bantuan yang dikirim ke Yaman, ketika lima tahun perang saudara menciptakan krisis kemanusiaan terburuk di dunia, telah dituduh memperkaya diri mereka sendiri dari pencurian sumbangan makanan, pasokan medis, dan uang.



“Tuduhan itu termasuk korupsi dan nepotisme, serta memungkinkan pemberontak senior Houthi mengakses kendaraan PBB,” menurut penyelidikan tersebut dilansir The National.

Lebih lanjut, laporan rahasia PBB menemukan bahwa pihak berwenang Houthi sering menekan lembaga bantuan agar mempekerjakan loyalis mereka, dan berupaya mengendalikan gerakan mereka dengan mengancam akan mencabut visa mereka.

Baca juga.. :

“Sejak awal perang, pemerintah telah memperingatkan, beberapa kali, tentang peran mencurigakan operasi PBB di daerah Houthi, terutama dengan mendukung para pemberontak dan memperpanjang konflik,” Hamza Al Kamali, wakil menteri pemuda Yaman.

“Laporan AP mengungkapkan informasi yang mengejutkan, PBB harus mengungkapkan rincian lengkap tentang apa yang ditemukan laporan itu dan untuk menghukum para pelakunya,” kata Al Kamali.

Pejabat itu mempertanyakan bagaimana agen kemanusiaan bisa menjadi “lebih brutal dan korup” daripada para pemberontak.

Pemerintah Yaman harus mengubah cara berurusan dengan organisasi-organisasi ini karena membungkam masalah ini adalah kejahatan besar,” katanya.

Menteri Informasi Yaman, Muammar Al Eryani memperingatkan bahwa “menutup mata” terhadap penjarahan bantuan oleh pemberontak merusak reputasi dan kredibilitas organisasi internasional.

“Kami mendesak PBB untuk mendeklasifikasi investigasi ini dan meninjau kinerja agensi mereka di Yaman. Mereka harus mengungkapkan hasilnya kepada orang-orang Yaman, untuk mengungkapkan nasib ratusan juta dolar makanan, obat-obatan dan bantuan curian oleh Houthi, “kata Eryani di Twitter.

PBB belum menanggapi permintaan komentar pada saat publikasi.

Lebih dari 24 juta orang Yaman, yang merupakan 80 persen dari populasi, sekarang membutuhkan beberapa bentuk bantuan atau perlindungan kemanusiaan, dan sebanyak setengahnya dapat menghadapi kelaparan jika agen bantuan tidak menjangkau mereka dengan makanan dan bantuan lainnya.

Aktivis Yaman meluncurkan kampanye online tiga bulan lalu yang disebut “di mana uang” yang menuntut transparansi oleh badan-badan PBB, Bara Shiban, seorang aktivis hak asasi manusia Yaman.

“Para aktivis meminta PBB untuk mempublikasikan laporan mereka yang sudah diaudit, namun badan-badan ini tidak dan hari ini saya bisa melihat mengapa. Audit itu mengungkap fakta yang merusak, ”kata Shiban.

Aktivis menuntut publikasi laporan keuangan yang menunjukkan bagaimana mereka mendistribusikan bantuan yang mereka terima untuk Yaman.

TAGS : Pemerintah Yaman Lembaga PBB Transparansi Keuangan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/57132/Yaman-Tuntut-Transparansi-PBB-Setelah-Tuduhan-Korupsi/