Yordania Kecam Rencana Israel Bangun Lift di Kota Tua Yerusalem

0
Yordania Kecam Rencana Israel Bangun Lift di Kota Tua Yerusalem

Foto menunjukkan pemandangan dinding Al-Buraq yang sepi di Yerusalem, pada 3 April 2020. (Foto: Mostafa Alkharouf – Anadolu Agency)

Yerusalem, Jurnas.com – Kementerian Luar Negeri Yordania mengecam keputusan Israel untuk membangun lift yang menghubungkan bagian-bagian Kota Tua di Yerusalem Timur yang diduduki dengan Tembok Buraq, bagian dari Masjid Al-Aqsa.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Yordania, Daifallah Al-Fayez mengkonfirmasi penolakan Yordania terhadap semua tindakan Israel sepihak di Yerusalem Timur yang dirancang untuk mengubah identitas dan karakter Yerusalem.

“Kerajaan menolak semua tindakan sepihak Israel di Yerusalem Timur yang diduduki di Kota Tua di sekitar Masjid Al Aqsa / Al Haram Al Sharif, termasuk proyek ini yang mengubah sifat Kota Tua, identitas Arabnya dan melanggar hukum internasional dan keputusan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO),” katanya.

Menurut Times of Israel, kotamadya Yerusalem menandatangani kesepakatan pekan lalu dengan perusahaan pengembangan untuk membangun lift pertama yang menghubungkan Tembok Buraq, yang disebut Tembok Barat oleh orang Yahudi, dan Kota Tua.

Walikota Yerusalem, Moshe Lion dalam sebuah pernyataan mengatakan, proyek 55 juta shekel (USD16 juta) akan memakan waktu tiga tahun untuk menyelesaikan dan bertujuan untuk membuat situs suci lebih mudah diakses bagi para penyandang cacat.

Al-Fayez mengatakan, Israel harus mematuhi kewajibannya di bawah hukum dan ketentuan internasional, serta hukum humaniter internasional berlaku, dan berhenti melanggar identitas Kota Tua atau mengubah fitur-fiturnya.

Ia menjelaskan bahwa kerajaan akan bertindak dalam koordinasi dengan Palestina dan UNESCO untuk menghadapi langkah ini. (Memo)

TAGS : Kota Tua Israel Daifallah Al-Fayez Yordania

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/74614/Yordania-Kecam-Rencana-Israel-Bangun-Lift-di-Kota-Tua-Yerusalem/

Leave A Reply

Your email address will not be published.