3 Tips Bagi Calon Pengantin Siapkan Pernikahan Agar Biaya Tak Bengkak

JawaPos.com–Mempersiapkan pernikahan dengan sosok terkasih memang tidak mudah. Salah satu faktor penentunya adalah bagaimana caranya menyesuaikan dengan biaya atau budget yang tersedia. Di sini peran vendor dan wedding organizer yang dapat mengaturnya.

Para milenial umumnya memiliki ide yang beragam saat mempersiapkan pesta pernikahan. Paling sulit adalah menentukan vendor.

”Menyelenggarakan pameran pernikahan yang berkualitas dan menarik untuk semua calon pengantin memang perlu perencanaan. Konsep pameran pernikahan yang baru kepada calon pengantin yang mayoritas berusia muda harus lebih kreatif,” kata CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan dalam persiapan Pameran Pernikahan Ohana Wedding Festival (OWF) 2023 yang berlangsung pada 14-15 Januari 2023 di ICE BSD, Serpong, Tangerang Selatan.

Berbagai kebutuhan pernikahan yakni vendor, venue, katering, dekorasi, bridal, tata rias, busana, dokumentasi, perhiasan, suvenir, undangan, dan wedding organizer. Peter menuturkan, banyaknya vendor yang terlibat membuat para pengunjung atau calon pengantin Bride and Groom dapat leluasa menentukan vendor pernikahan yang sesuai.

Apa saja yang harus dipersiapkan?

Laporan Ramsey Solutions, untuk mempersiapkan pernikahan sesuai dengan anggaran yaitu harus dilakukan dengan berbagai tahap. Pertama, tentukan jenis pernikahan yang diinginkan. Ketika merencanakan pernikahan dengan anggaran terbatas, ketahui prioritas terpenting.

Kedua, buat total anggaran pernikahan. Soal anggaran adalah hal sensitif. Betapapun tidak nyamannya pembicaraan anggaran ini, tetap harus dirinci secara detail.

Ketiga, jangan sembrono dan memaksa. Jika memang tak sanggup, lakukan sesuai apa adanya.

Agar jangan sampai anggaran membengkak, lakukan tips ini:

  1. Batasi Jumlah Tamu

Setiap tamu adalah biaya. Kedengarannya kasar, tapi itu benar. Dengan setiap tambahan pada daftar tamu, meningkatkan keseluruhan biaya pernikahan.

Untuk menghemat uang pada pernikahan, Anda mungkin ingin menyelenggarakan acara yang lebih kecil dan lebih intim. Coba kurangi daftar tamu sebesar 20 persen.

  1. Nikah di Rumah

Venue memakan bagian terbesar anggaran. Mengapa tidak menguranginya dengan menggunakan rumah atau rumah orang tua atau taman umum. Pasti akan lebih hemat.

  1. Barter 

Jika memiliki teman dengan berbagai keahlian, barter saja. Misalnya, Anda dapat meminta tolong teman yang jago bernyanyi live music dengan harga persahabatan. Atau misalnya meminta tolong dalam dokumentasi foto dan video. Hal itu dapat menghemat budget.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link