5 Desainer Baru Lolos Kurasi Melaju ke Ajang Fashion Internasional

JawaPos.com – Indonesia Fashion Chamber (IFC) mengumumkan anggotanya lolos dalam proses kurasi untuk maju dalam ajang Global Talents Digital. Para desainer baru dari seluruh dunia akan hadir dengan menampilkan koleksi terbarunya melalui video presentasi, siaran langsung, teknologi Augmented Reality (AR) ataupun Virtual Reality (VR).

Global Talents Digital telah siap dengan edisi keduanya yang akan diselenggarakan pada tanggal 4-6 September 2020 dengan tema baru, Sustainability (keberlanjutan). IFC mengumumkan 5 desainer anggotanya yang telah lolos kurasi dan akan berpartisipasi. Mereka adalah Gregorius Vici dari IFC Semarang Chapter, Aldrè Indrayana >< Cota Cota Studio dari IFC Surabaya Chapter. Rosie Rahmadi dari IFC Bandung Chapter. AM by Anggiasari dari IFC Bandung Chapter. Dan Emmy Thee dari IFC Jakarta Chapter.

President of Russian Fashion Council and Mercedes-Benz Fashion Week Russia Alexander Shumsky mengatakan, edisi terbaru dari Global Talents Digital ini terinspirasi konsep keberlanjutan (sustainability) dan keinginan untuk mengedukasi serta menginspirasi dunia tentang konsep tersebut. Oleh karena itu, para desainer diminta untuk menyiapkan 2 video yang terdiri dari tampilan koleksi terbaru dengan konsep sustainability. Nantinya, video edukasi tersebut bisa mengedukasi penonton tentang bagaimana koleksi mereka dibuat menjadi sustainable.

Sustainability adalah kata yang tertanam kuat pada banyak karya dari perusahaan dan label fashion. Akan tetapi, proses dari pengembangan konsep sustainability ini belum jelas bagi banyak khalayak umum,” jelasnya baru-baru ini dalam Webinar.

Aspek menarik lainnya dari acara ini adalah konsep ‘see now, buy now’ (lihat sekarang, beli sekarang). Hal ini membuat penyiaran acara menjadi lebih interaktif. Dengan teknologi QR kode yang digabungkan ke dalam video maka pemirsa/buyers sangat mudah dapat memindai dan berhubungan langsung dengan situs web dari para desainer untuk membeli apa yang baru saja mereka lihat.

Meskipun ini sudah menjadi praktik umum di seluruh dunia namun masih relatif sangat baru diantara brand fashion di Indonesia. Pengalaman membuat video dengan metode semacam itu dan sekaligus dapat dilihat audiens dunia dengan teknologi ini untuk pertama kalinya merupakan kesempatan belajar yang sangat berharga bagi 5 desainer IFC ini.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link