5 Fakta Soal Kesetaraan Gender yang Masih Dihadapi Perempuan

5 Fakta Soal Kesetaraan Gender yang Masih Dihadapi Perempuan

JawaPos.com – Perempuan di seluruh dunia harus beradaptasi dan mengubah hidup mereka dengan cara yang tidak terduga. Terlepas dari tantangan pandemi, pembatasan politik, dan konflik global, ketahanan para perempuan begitu tangguh. Akan tetapi, kaum hawa masih menghadapi masalah kesetaraan gender.

Menurut World Economic Forum’s Global Gender Gap Report 2021, Indonesia berada di peringkat 101 dalam indeks kesetaraan gender perempuan yang masih menghadapi masalah ketidaksetaraan. Perempuan adalah pilar kekuatan bagi keluarga mereka dan masyarakat di sekitar mereka.

“Tapi perempuan tidak bisa hadir untuk orang lain tanpa hadir untuk diri mereka sendiri terlebih dahulu. Di International Women’s Day ini, kami ingin kami ingin mengingatkan dan memberdayakan perempuan Indonesia untuk menunjukkan diri mereka sendiri dengan mencari identitas dan suara mereka, untuk mengungkapkannya melalui inisiatif yang disebut #YukBukaSuara,” jelas Head of Consumer Apps Marketing, Google Indonesia Fida Heyder, dalam keterangan resmi baru-baru ini.

Dalam kampanye #YukBukaSuara ada sejumlah fakta seputar kesetaraan gender yang masih dihadapi perempuan. Apa saja faktanya?

1. Partisipasi Tenaga Kerja Perempuan Masih Rendah

Partisipasi tenaga kerja perempuan, 30 persen di belakang laki-laki dan hampir 83 persen pekerjaan perempuan ada di sektor informal.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles