6 Tips Melamar Kerja Yang Efektif Agar HRD Tertarik

6 Tips Melamar Kerja Yang Efektif Agar HRD Tertarik

Kini, lowongan untuk mendapatkan pekerjaan memang terbuka sangat luas, baik untuk fresh graduate maupun pekerja profesional yang sudah lama bergerak di bidangnya. Meski demikian, tak bisa dipungkiri jika jumlah orang yang melamar pekerjaan pun terus bertambah setiap tahunnya. Hal itu membuat persaingan untuk melamar kerja jadi semakin ketat.

Karena itu, kamu perlu mengetahui tips melamar kerja dengan efektif agar bisa punya nilai plus tersendiri untuk HRD, sehingga membuat HRD tertarik untuk merekrut kamu sebagai salah satu karyawan di perusahaan.

Apakah kamu sedang mencari info tentang cara melamar kerja dengan mudah dan bisa meningkatkan potensi di terima bekerja di perusahaan impian? Jika iya, maka kamu perlu simak tips melamar kerja dengan efektif dibawah ini!

1. Melengkapi Dokumen Yang Diperlukan

Terkadang salah satu penyebab kamu tidak lolos seleksi kerja adalah karena tidak melengkapi dokumen yang diminta perusahaan. Karena itu, jangan lupa menyiapkan dokumen selengkap mungkin.

Umumnya, beberapa dokumen yang hampir selalu ada dalam syarat melamar kerja antara lain CV, resume, dan ijazah. Selain itu, ada beberapa perusahaan yang meminta pelamar kerja untuk turut melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

2. Membuat Resume Dengan Sebaik Mungkin

Resume bisa dibilang menjadi ‘pintu gerbang’ untuk mendapatkan pekerjaan yang akan dilihat HRD sebelum VC. Karena itu, buatlah resume dengan sebaik mungkin. Cara membuatnya yaitu dengan memasukkan informasi yang singkat, padat, dan jelas. Selain itu, kamu jangan lupa untuk mencantumkan juga posisi pekerjaan yang ingin dilamar dan kontak yang masih aktif.

Jika masih bingung membuat surat lamaran kerja yang efektif, kamu bisa mengikuti tautan ini: contoh surat lamaran kerja

3. Membuat CV Selengkap Mungkin

CV memang harus dibuat dengan sebaik dan selengkap mungkin. Selain surat lamaran kerja, CV menjadi hal kedua yang akan dipertimbangkan HRD sebelum memutuskan apakah seorang pelamar kerja bisa lanjut mengikuti tahap wawancara atau tidak.

CV juga kini seolah – olah menjadi salah satu ‘kunci’ utama yang memang harus dibuat semenarik mungkin agar kemungkinkan kamu untuk dipanggil wawancara kerja semakin besar. Adapun cara untuk membuat CV yang baik dan benar adalah dengan memasukkan informasi yang singkat, padat, dan jelas. Kamu juga bisa gunakan kata – kata yang mudah dimengerti serta memasukkan informasi yang penting saja, dan pilih foto yang profesional. Jangan lupa masukkan juga kontak yang masih aktif dan mudah dihubungi.

4. Membuat Portofolio

Portofolio merupakan hasil kumpulan pekerjaan yang pernah kamu kerjakan. Hasil kumpulan pekerjaan ini bisa kamu satukan dalam bentuk dokumen, blog, gambar, atau postingan di media sosial.

Pada dasarnya membuat portofolio ini tidak hanya wajib dilakukan oleh mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja saja, namun para mahasiswa yang baru lulus kuliah atau fresh graduate juga .

5. Rajin Mengikuti Pelatihan

Saat ini, ada ribuan pelatihan yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan kemampuanmu. Bahkan semua pelatihan yang tersedia saat ini bisa kamu ikuti secara online dengan menggunakan smartphone atau gadget lainnya.

Dengan mengikuti pelatihan yang rajin maka akan bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan kamu di banyak bidang, sehingga peluang untuk diterima juga semakin besar. Pelatihan kerja yang diikuti juga tidak perlu harus sesuai dengan jurusan kuliah, kamu bisa mengambil pelatihan lain yang disukai.

6. Melamar Pekerjaan Yang Sesuai Dengan Bidang

Salah satu cara cepat untuk melamar kerja dan meningkatkan peluang agar diterima bekerja adalah dengan memilih pekerjaan yang ingin dilamar sesuai dengan bidang selama kuliah atau bidang yang sudah sejak lama ditekuni.

Karena dengan memilih pekerjaan yang sesuai bidang, maka hal itu bisa bermanfaat untuk menunjukkan pada HRD bahwa kamu memang orang yang sangat kompeten di bidangnya.

Nah itulah contoh surat lamaran kerja yang efektif agar dilirik oleh perusahaan. Terima kasih, semoga tips ini bermanfaat.

Related Articles