8 Cara Cepat Agar Cepat Tidur di Malam Hari

0

Cara Cepat Agar Cepat Tidur di Malam Hari – Kehidupan para pekerja pada umumnya : Berkutat dengan rutinitas kerja. Senin sampai Jumat, dari jam 9 sampai 17. Terkadang, bahkan sering hingga larut, tak jarang harus tidur di tempat kerja. Belum termasuk jika seperti harus menuruti tuntutan sosial dengan berkumpul dengan teman sejawat, dan juga belum jika akhir minggu, di saat yang lain bersukacita dengan keluarga, Anda harus rela menuntaskan segalanya di tempat kerja.

Cara Cepat Agar Cepat Tidur di Malam Hari

Seperti tiada habisnya! Begitu pula dengan orang-orang lain dengan berbagai profesi, yang keluhannya hampir sama: kurang tidur, yang menyebabkan aktivitas hari selanjutnya dijalani dengan “bekal” suasana hati yang kurang bagus, performa terhadap tanggung jawab tidak mendukung, hasil seringkali tak memuaskan, memancing amarah kolega, klien ataupun atasan.

Hal-hal di atas hampir sama dengan apa yang terjadi pada Anda belakangan ini? Atau bahkan sudah cukup lama, tapi Anda merasa sudah terlalu lunglai, pulang beraktivitas Anda hanya ingin bertemu tempat tidur, tapi justru mata dan otak seperti tidak sinkron, alias Anda justru terasa sangat segar? Batin Anda seperti berteriak:” Saya lelah! Siapapun, tolong beritahu saya cara agar cepat tidur”. Berikut 8 Cara Cepat Agar Anda Cepat Tidur di Malam Hari, yang Bisa Segera Anda Coba:

Cara Cepat Agar Cepat Tidur di Malam Hari

1. Ambil Cuti

Yang benar saja? Coba mulai terapkan ini di pikiran Anda: ”tak ada yang bisa ditukar dengan kesehatan Saya”, mungkin bisa membantu. Ingat satu hal ini: cuti tidak harus dirayakan dengan traveling ke luar kota atau ke luar negeri. Anda bisa melakukannya di rumah saja.

Komunikasikan dengan atasan Anda (jika Anda bekerja) tentang hak Anda ini. Begitu diluluskan, komunikasikan juga dengan keluarga atau pasangan Anda bahwa Anda minta waktu barang sehari berdiam diri di rumah, tanpa diganggu. Jika tidur cepat tidak terlalu sulit bagi Anda, dengan mudah Anda bisa dapatkan kembali jam tidur teratur Anda!

2. Tidur Siang

Di jam kerja? Ayolah! Mungkin itu yang pertama kali terlintas di pikiran Anda. Tentu saja saat jam istirahat Anda. Dan tak butuh waktu lama. Jangan tunda jika memang sudah saatnya. Jika biasanya Anda langsung menghambur keluar ruangan untuk makan siang, coba sesekali tak usah terburu.

Lakukan sedikit peregangan kemudian menelungkupkan tubuh Anda sebentar di meja. Berdiam 5-10 menit sudah cukup untuk mengembalikan energi Anda. Begitupun jika ada ibadah siang, setelahnya tak perlu langsung pergi keluar. Coba sandarkan punggung Anda ke dinding yang dingin atau merebahkan badan sejenak, cari posisi yang tak mengganggu.

Ditambah pendingin ruangan, ini termasuk cara agar cepat ngantuk yang ampuh! Performa meningkat, saat malam tiba, Anda bisa tidur dengan lebih berkualitas, keesokan harinya, dapatkan suasana hati yang lebih baik untuk kembali beraktivitas. Tidur siang bisa lebih leluasa dibiasakan saat akhir pekan.

3. Quality Time Saat Akhir Pekan

Sesekali, “paksakan” performa lebih di hari kerja demi mendapat akhir pekan yang lebih tenang. Tidak perlu seharian merebah demi “balas dendam”. Pasang alarm, atau minta tolong pasangan atau keluarga Anda untuk membangunkan Anda pagi-pagi dan lakukan aktivitas ringan.

Peregangan, bersepeda, berjalan-jalan di sekitar rumah, menata ulang beberapa hal di rumah Anda, dan lainnya. Tidak perlu terlalu berat, ini hanya dimaksudkan agar Anda tidak merasa lemas akibat kegiatan tiada henti yang Anda lakukan di hari-hari kerja kemarin.

Baca Juga : Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google di Android

Jangan lupa, paksakan makan sehat juga jika selama ini belum sempat. Istilah umumnya, detoksifikasi. Lebih baik lagi, jika Anda konsisten melakukannya. Badan serta pikiran yang lebih bugar bisa menjadi penting dalam kaitannya dengan cara supaya cepat tidur di malam hari.

4. Olahraga dan Makan Makanan Bernutrisi

Jika waktu di pagi hari tidak cukup bagi Anda, pun saat akhir pekan belum cukup efektif untuk membuat Anda bugar di siang hari dan rileks di malam hari demi tidur cepat yang jadi dambaan Anda, Anda perlu mempertimbangkan untuk mendaftar menjadi anggota di pusat kebugaran. Anda bisa memilih waktu selepas Anda bekerja.

Sementara, absen dulu dari kegiatan Anda berkumpul-kumpul dengan rekan Anda. Demi kualitas hidup Anda, pasti rekan Anda akan mengerti. Setelah resmi menjadi anggota, penting juga konsultasikan dengan personal trainer Anda, latihan apa yang pas untuk kebutuhan Anda, beserta porsinya.

Melalui personal trainer, biasanya Anda juga akan mendapat kiat tentang apa yang harus Anda konsumsi agar menambah efektivitas latihan, yang salah satu efeknya bisa meningkatkan kualitas tidur Anda.

Bagian terbaiknya, biaya yang biasa Anda keluarkan untuk berkumpul-kumpul dengan rekan, kini bisa lebih terarah di tempat kebugaran, dan bisa dipangkas cukup banyak demi mengolah sendiri makanan yang lebih bernutrisi, yang biasanya tidak mahal. Sisanya, bisa Anda tabung, untuk berinvestasi atau menyenangkan hati orang-orang tersayang, bukan?

5. Giatkan Kembali Hobi

Cara satu ini jangan sampai terlewatkan! Apa yang membuatnya bisa jadi cara tidur cepat di malam hari? Pikiran yang lebih segar dan tercerahkan, tentu saja. Otomotif, menulis, melukis, fotografi, ke salon, berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, membuat vlog tentang memasak atau riasan? Apa saja yang membuat Anda bahagia, lakukan saja sepuasnya.

Hidup tidak harus hanya berisi bagaimana caranya membuat gunung uang yang salah satu tujuannya untuk bayar tagihan saja. Jiwa dan otak juga perlu nutrisi. Diri sendiri juga perlu diperlakukan secara proporsional.

Hobi bisa dilakukan kapanpun saat senggang, dan tidak mengganggu segala kewajiban Anda. Merasa kemampuan melakukan hobi mengumpul karena sudah cukup lama tidak dilakukan? Tak perlu tergesa. Selama Anda mencoba untuk tidak terlalu memaksakan apapun dan suasana hati sedang tidak buruk, beragam inspirasi bisa berdatangan tanpa diminta. Ssst, bisa juga untuk inspirasi berbisnis Anda!

6. Berpikiran Jernih, Memetakan Masalah, Buat Skala Prioritas

Tidak perlu menyangkali jika memang sesuatu yang tidak nyaman sedang menyerang Anda. Mau tak mau memang itu menjadi bagian di kehidupan Anda. Jika Anda mati-matian menyangkalnya dan sibuk bilang bahwa Anda kuat setiap waktu, itu justru melelahkan dan tidak membuat hidup serta tidur Anda di malam hari semakin baik.

Otak mengetahui bahwa selain Anda diserang oleh sesuatu yang mengganggu, Anda juga sedang membohongi diri yang efeknya bisa membuat otak Anda terjaga karena bertarung terus dengan pemikiran tersebut. Jika terjadi hal ini, Anda harus mengucapkan selamat tinggal pada tujuan tidur cepat Anda di malam hari.

Jika serangan yang tak diminta muncul, alih-alih reaktif, coba tarik napas panjang dan hembuskan sepelan mungkin. Tidak langsung menyelesaikan masalah, tapi bisa sedikit mengendurkan urat tegang Anda. Kemudian duduk tenang dan pikirkan perlahan kira-kira apa yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah dan membuat Anda kembali nyaman.

Jika tidak bisa diselesaikan saat itu juga, Anda bisa menyingkir sebentar, tanamkan pemikiran untuk menerima situasi, bahwa Anda juga bukan manusia yang bisa melakukan segalanya dengan sempurna. Makin jernih pikiran, makin cepat tidur Anda, dimungkinkan saat bangun pagi sudah tercetus solusi.

7. Perhatikan Asupan Kafein Anda

Kafein seringkali menjadi tersangka utama ketika Anda susah tidur cepat di malam hari, lebih-lebih jika Anda juga sedang dilanda stres. Tidak salah dan tidak sepenuhnya benar juga. Seperti banyak hal lain, kafein juga memiliki dosis manfaat jika diminum di saat yang tepat, dan porsinya pas.

Banyak ahli yang mengatakan jangan diminum saat perut kosong karena bisa menjadi pencetus naiknya asam lambung. Jika semula memang Anda sudah menderita asam lambung yang gampang melonjak, sebaiknya mengikuti saran ini. Bukannya hari baik yang akan Anda dapatkan, bisa-bisa, malah seharian Anda akan sibuk “mengudap” antasida, dan bukan makan siang Anda.

Baca Juga : Cara Menyimpan Video dari Youtube ke Galeri

Bukan itu saja, Anda bisa jadi lebih gelisah, detak jantung meninggi, bahkan bisa membuat Anda lekas merasa lemas dan mengantuk kembali, yang bisa memicu Anda untuk kembali mengkonsumsi tambahan kafein. Jika Anda membutuhkannya untuk konsentrasi tinggi, tetaplah memulai hari dengan sarapan dulu, kemudian diberi jeda untuk menyerap kafein.

Efek terbaik kafein ada di jam kantor Anda, saat hormon stres rendah, di rentang waktu pukul 9. Tingkatkan hormon dengan konsumsi tersebut agar Anda tetap konsentrasi dan terjaga jika penerimaan tubuh Anda terhadap kafein cukup bagus dan efeknya lebih panjang.

Namun Anda ingin lebih maksimal dalam menjalani kegiatan, Anda masih bisa menambah satu porsi kafein lagi saat letih di sore hari, maksimal 6 jam sebelum waktu tidur. Jika sudah merencanakan tidur cepat, Anda hanya tinggal menyesuaikan saja. Upayakan tidak lebih dari 200 mg atau setara dengan 3 cangkir kopi,ya!

8. Perhatikan Juga Apa yang Anda Lakukan Sebelum Tidur

Baiklah, semua cara sudah diupayakan, sudah cukup berhasil, tapi belum maksimal juga? Perhatikan poin-poin berikut :

  • Bagaimana dengan isi perut Anda? Sengaja lama dikosongkan karena bersikeras menjaga ukuran tubuh agar tidak melebar satu inci? Lebih-lebih jelang malam hari? Kalau begitu, mulai sekarang coba kurangi kebiasaan ini. Alih-alih ingin langsing, Anda justru bisa makin tak terkendali memilih segala yang ada dihadapan Anda. Lemak dan kalori tinggi. Duh!

Usahakan selalu tersedia kudapan bergizi jika Anda terlalu ketakutan menyantap sesuatu. Kacang-kacangan dan segala yang mengandung gandum tidak akan membuat Anda kecewa. Tetap atur dan jaga porsi, ya!

Sebagai penutup, Anda bisa mengonsumsi teh chamomile yang kaya zat flavonoid yang menenangkan. Jika tak tersedia, Anda bisa menggantinya dengan susu rendah lemak. Tersaji hangat atau tidak, efeknya sama, bisa cepat mengenyangkan. Keduanya pas sebagai cara agar cepat ngantuk

  • Penerangan saat jelang tidur

Kedisiplinan Anda untuk tidur di malam hari belumlah lengkap jika tidak memperhatikan hal ini. Tubuh memiliki zat yang melindungi dan mencegah dari berbagai penyakit, yaitu zat melatonin, yang hanya bisa bekerja dengan baik saat diri minim atau sama sekali tidak terpapar cahaya. Selain itu, otak juga bisa terangsang untuk lebih rileks, kemudian mengirimkan sinyal pada mata untuk segera terpejam. Cara agar mata cepat tidur yang tak juga sehat, namun juga efektif!

  • Telepon seluler Anda?

Oh, pasti dalam sehari Anda tidak kekurangan waktu untuk cek apa yang terjadi di media sosial Anda kan? Begitu juga untuk keesokan harinya. Cara tidur cepat di malam hari yang satu ini jangan sampai Anda gagalkan sendiri dengan efek buruknya: radiasi cahaya dan suara yang ditimbulkannya. Lebih-lebih jika Anda tak sengaja menemukan konten yang sekiranya kurang baik yang bisa mempengaruhi isi hati Anda.

  • Tambahkan ini, jika perlu

Beberapa tetes minyak esensial lavender di bantal, bisa meningkatkan kualitas tidur secara maksimal! Atau, baca buku. Tidak, tak harus buku yang sangat serius. Biografi atau cerita fiksi ringan bisa menguatkan konsentrasi dan ketajaman berpikir. Bagus untuk dibiasakan, lebih-lebih Anda sedang mengincar proyek menggiurkan di tempat kerja demi promosi karir Anda!

Cara Cepat Agar Cepat Tidur di Malam Hari

Kuncinya, Konsisten dan Disiplin

Berbagai cara agar cepat tidur di malam hari yang telah coba untuk diupayakan akan sulit untuk berhasil jika tanpa dibarengi dengan dua hal penting : konsisten dan disiplin. Jangan takut dengan anggapan-anggapan yang mungkin akan ada: menarik diri dari kehidupan sosial , Anda dianggap seperti anak kecil dan sejenisnya.

Anggaplah Anda telah sadar akan apa yang dibutuhkan oleh diri Anda, hanya diri Anda yang bisa diandalkan dan yang paling bertanggung jawab atas apa yang sudah, sedang atau yang akan terjadi, dan bukan orang lain.

Cara Cepat Agar CCara Cepat Agar Cepat Tidur di Malam Hariepat Tidur di Malam Hari

Sebagai Bentuk Syukur Pada Sang Pencipta

Anggaplah juga bahwa semakin bertambah usia, ketahanan dan kemampuan tubuh akan terus berkurang. Anda tak bisa menolaknya atau mengembalikan keadaan sekuat saat masih remaja, Anda hanya bisa menjaga dan merawatnya.

Menidurkan tubuh saat malam hari juga merupakan satu bentuk rasa menyayangi diri serta rasa terima kasih Anda pada Sang Pencipta. Siapkah Anda untuk lebih sehat dengan tidur cepat di malam hari?

Kesimpulan

Bagaimana cara cepat agar cepat tidur di malam hari?

1. Ambil Cuti
2. Tidur Siang
3. Quality Time Saat Akhir Pekan
4. Olahraga dan Makan Makanan Bernutrisi
5. Giatkan Kembali Hobi
6. Berpikiran Jernih, Memetakan Masalah, Buat Skala Prioritas
7. Perhatikan Asupan Kafein Anda
8. Perhatikan Juga Apa yang Anda Lakukan Sebelum Tidur

Leave A Reply

Your email address will not be published.