4 Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google di Android

0

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google – Pada masa sekarang ini, pasti banyak di antara kita yang sangat bergantung kepada internet. Internet sudah menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi. Google sebagai mesin pencarian nomor satu di dunia memegang peran yang sangat penting dalam dunia digital saat ini. Istilah tanya ‘Mbah Google’ sudah sangat akrab di telinga kita bukan? Bagaimana tidak, hampir semua hal dapat kita temukan di Google, dan begitu banyak hal-hal positif yang diberikan internet bagi kehidupan kita.

Namun, ada satu hal yang perlu kita sadari saat kita melakukan penelusuran suatu informasi melalui Google. Segala aktivitas penelusuran informasi yang kita lakukan melalui Google, meninggalkan jejak digital berupa riwayat (History). Hal tersebut sangat penting kita ketahui karena terkadang kata-kata kunci pencarian yang kita gunakan di Google bersifat sensitif atau pribadi.

Hal tersebut sepatutnya tidak diketahui oleh orang lain, karena bisa saja hal tersebut dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan hal-hal yang buruk bagi kamu. Oleh karena itu kamu perlu mengetahui bagaimana cara menghapus pencarian di google. Lebih baik berjaga-jaga bukan.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google

Kamu perlu mengetahui cara menghapus riwayat pencarian Google handphone android. Menghapus pencarian di Google memiliki 4 cara diantaranya sebagai berikut.

  • Cara Pertama
  1. Buka aplikasi Chrome.
  2. Lalu pada sudut kanan atas pilih ikon “tiga titik” vertikal.
  3. Kemudian pilih “riwayat” atau “history” maka akan muncul seluruh riwayat pencarian yang kamu lakukan melaui Chrome.
  4. Kemudian hapus riwayat pencarian yang kamu inginkan dengan memilih ikon “x” yang berada tepat di samping riwayat pencarian mu. Cara tersebut hanya menghapus riwayat pencarian yang ingin kamu hapus saja.
  • Cara Kedua

Cara kedua tidak jauh berbeda dengan cara pertama. Cara kedua ini merupakan cara cepat untuk menghapus riwayat pencarian di google secara keseluruhan.

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka aplikasi Chrome. Pastikan akun Google mu sudah login. Jika belum, lakukan login terlebih dahulu.
  2. Kemudian, pada sudut kanan atas, pilih “titik tiga” yang berbaris Vertikal.
  3. Kemudian pilih “riwayat” atau “history”. Setelah itu akan muncul seluruh riwayat pencarian yang kamu lakukan di handphone kamu.
  4. Untuk menghapus keseluruhan riwayat tersebut kamu tinggal memilih “hapus seluruh riwayat” atau “clear browsing data”. Maka akan muncul beberapa pilihan. Apakah kamu ingin menghapus semua riwayat pencarian, atau riwayat pencarian pada waktu-waktu tertentu saja.
  5. Jika kamu ingin menghapus seluruh riwayat pencarian, pada kanan atas pilih “all time”, jika tidak pilih waktu yang kamu inginkan.
  • Cara Ketiga

Cara ketiga adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi “Google Search” yang ada pada handphone android kamu. Kemudian akan muncul seluruh keyword atau kata kunci yang pernah kamu telusuri melalui Google.
  2. Kamu dapat menghapus kata kunci yang kamu inginkan dengan cara “tap dan tahan” kata kunci yang ingin kamu hapus. Setelah itu akan muncul sebuah jendela permintaan konfirmasi penghapusan tersebut.
  3. Langkah selanjutnya pilih “delete”. Dengan begitu, kata kunci pencarian yang ingin kamu hapus sudah terhapus. Cara tersebut hanya menghapus kata kunci yang ingin kamu hapus saja.
  • Cara Keempat

Cara keempat berikut ini adalah cara menghapus keyword di Google secara keseluruhan. Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, buka buka aplikasi Chrome pada handphone kamu. Pastikan akun google kamu sudah login. Jika belum lakukan login terlebih dahulu.
  2. Kemudian pada kolom pencarian, buka laman Google.co.id.
  3. Setelah itu pilih “pengaturan” atau “setting” yang ada pada sisi kiri bawah.
  4. Setelah muncul sebuah jendela (pop up), pilih “history”. Setelah itu akan muncul seluruh jejak pencarian yang kamu lakukan melalui Google.
  5. Jika kamu ingin menghapus riwayat pencarian kamu untuk hari ini saja, kamu cukup memilih “gambar tong sampah” yang terletak pada sisi kanan. Maka akan muncul sebuah jendela konfirmasi, lalu pilih “delete”. Riwayat pencarian mu sepanjang hari ini akan terhapus.
  6. Jika kamu ingin menghapus riwayat pencarian pada periode waktu tertentu, cara nya cukup dengan masuk ke “Google My Activity”
  7. Kemudian pilih menu yang berbentuk tiga garis pada sisi kiri.
  8. Lalu pilih “delete activity by”. Maka akan muncul jendela yang menampilkan pilihan penghapusan riwayat, apakah “last hour”, “last day”, “always” dan “custom range” atau “periode tertentu”.

Cara Melihat Riwayat Di Google

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google

Sebelum beranjak lebih jauh, hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah bagaimana cara melihat riwayat di Google. Kalau kamu tipe orang yang kepo dan ingin tahu isi riwayat pencarian di handphon teman atau ke kasihmu, kamu perlau tahu dulu cara melihat riwayatnya.

Tapi perlu kamu ingat, melihat riwayat pencarian Google di handphone teman mu tanpa ijin adalah perbuatan melanggar privasi. Cara melihat riwayat di handphone android adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka aplikasi Chrome pada handphone kamu. Pastikan akun google kamu sudah login. Jika belum login terlebih dahulu.
  2. Kemudian di sudut kanan atas, pilih ikon “tiga titik” yang berbaris vertikal,
  3. Kemudian pilih riwayat. Maka akan muncul riwayat pencarian yang kamu lakukan di handphone kamu.

Selain itu ada juga cara yang lebih mudah dan jelas untuk melihat riwayat pencarian kamu.

  1. Langkah pertama, buka aplikasi Chrome pada handphone kamu. Pastikan akun google kamu sudah login.
  2. Kemudian pada kolom pencarian, buka laman Google.co.id.
  3. Setelah itu pilih “pengaturan” atau “setting” yang ada pada sisi kiri bawah.
  4. Maka akan muncul sebuah jendela, lalu pilih “riwayat” (history).
  5. Setelah itu akan muncul seluruh jejak pencarian yang kamu lakukan melalui Google. Kamu juga bisa melihat pencarian yang kamu lakukan pada tanggal atau bulan tertentu. Caranya, pada bagian atas pilih filter berdasarkan tanggal. Kamu tinggal pilih riwayat pencarian pada tanggal yang kamu inginkan.

Manfaat Menghapus Riwayat Pencarian Google

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google

Menghapus pencarian riwayat Google memiliki beberapa manfaat khususnya bagi handphone kamu.

Manfaat pertama adalah privasi kamu terjamin. Setiap orang pastinya butuh privasi. Hal-hal yang kita cari melalui Google, pastinya sangat erat hubungannya dengan berbagai kebutuhan kehidupan kita. Jika ada suatu kata kunci pencarian, atau laman yang bersifat sensitif, bisa saja jika diketahui oleh orang lain, tentunya tidak mengenakkan bagi kita pribadi.

Hal yang paling berbahaya adalah jika dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Bisa saja hal-hal buruk yang tidak kita inginkan akan menimpa kita. Oleh karena itu sangat penting untuk menghapus riwayat pencarian di Google yang bersifat sensitif.

Manfaat yang kedua adalah membuat kinerja handphone android lebih baik. Menyimpan terlalu banyak riwayat pencarian membuat kinerja handphone android kamu semakin berat. Hal tersebut akan mempengaruhi kecepatan handphone kamu untuk mencari informasi yang baru di internet.

Dengan membersihkan riwayat pencarian tersebut, kinerja handphone kamu akan lebih ringan sehingga berpengaruh terhadap kecepatannya. Jadi tidak ada salahnya jika kamu sering membersihkan riwayat pencarian di handphone kamu.

Manfaat yang ketiga adalah Google memberikan informasi baru bagi kamu. Google menggunakan sistem algoritma. Sistem algoritma tersebut menyaring informasi yang diberikan kepada kamu berdasarkan kata kunci yang sering kamu gunakan dalam melakukan pencarian informasi di Google.

Dapat dikatakan informasi yang dimunculkan oleh Google pada handphone kamu hanya sebatas hal-hal yang sering kamu telusuri. Jika kamu menghapus seluruh riwayat tersebut, maka besar kemungkinan Google memberikan informasi baru bagi kamu, dan tidak lagi mengacu kepada informasi yang biasa kamu cari.

Manfaat yang keempat adalah membuat kamu menjadi semakin waspada dan lebih berhati-hati. Jika kamu sering menghapus riwayat pencarian di Google, hal tersebut dapat melatih kamu untuk semakin waspada melakukan segala hal. Kamu akan lebih berhati-hati untuk tidak melakukan tindakan ceroboh.

Menghapus riwayat pencarian menunjukkan kamu memiliki kewaspadaan yang baik. Kamu teliti dengan hal-hal kecil. Dan hal tersebut merupakan hal yang sangat berguna jika diterapkan dalam segala hal. Kamu mengerti dengan apa yang kamu lakukan, dan kamu bertanggung jawab untuk hal tersebut.

Manfaat yang kelima adalah meminimalisir terjadinya peretasan kepada kamu. Menghapus riwayat pencarian di Google dapat meminimalisir terjadinya peretasan pada akun atau handphone kamu. Sering sekali kan kita ceroboh, meninggalkan suatu akun dengan keadaan masih login, entah itu akun media sosial, atau akun lainnya. Bahkan mungkin saja ada suatu akun yang telah kita abaikan atau kita lupakan, padahal masih dalam keadaan login.

Hal tersebut sangat berbahaya jika dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, sangat diperlukan untuk menghapus riwayat pencarian di Google. Dengan menghapus riwayat pencarian tersebut, akun yang dulunya masih login dan sudah kita lupakan akan otomatis logout. Hal tersebut akan menutup kesempatan untuk dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Menghapus riwayat pencarian di Google sangatlah penting. Oleh karena itu sangat disarankan kepada setiap pengguna Google mengetahui cara menghapus riwayat pencarian Google. Jika ada kerabat atau keluarga yang belum mengetahui cara tersebut, alangkah lebih baik jika kamu ikut membagikan informasi yang kami rangkum dalam artikel ini. Agar kita semua pengguna internet jauh dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Dunia internet merupakan dunia informasi yang serba terbuka. Oleh karena itu kita perlu bijak menggunakannya. Sangat banyak kebaikan yang ditawarkan oleh internet kepada kehidupan kita saat ini. Dan sangat mudah kita memperolehnya. Namun banyak juga keburukan yang terdapat pada internet. Hal tersebut rentan mempengaruhi siapa saja jika kita tidak bijak menggunakannya.

Walaupun banyak cara menghapus riwayat pencarian Google, dan mudah melakukannya, sebaiknya kita perlu berhati-hati dalam melakukan pencarian informasi di internet. Karena lebih baik kita menghindari kata kunci pencarian yang bermuatan negatif ataupun berbahaya demi kebaikan dan keamanan privasi kita.

Layaknya menghapus sebuah coretan pensil pada selembar kertas, kertas tersebut tak mungkin dapat menjadi bersih seperti semula. Pasti ada bekas yang tertinggal. Begitu pula halnya dengan internet. Tak ada hal yang betul-betul aman di dunia internet. Oleh karena itu bijaklah menggunakan internet.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave A Reply

Your email address will not be published.