83 WNI Tiba di Indonesia Usai Dievakuasi dari Ukraina

83 WNI Tiba di Indonesia Usai Dievakuasi dari Ukraina

INDOPOS.CO.ID – Kementeiean Luar Negeri menyatakan, proses evaluasi rombongan warga negara Indonesia (WNI) dari Ukraina telah tiba di Tanah Air. Evakuasi itu menggunakan pesawat charter Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 7730.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, rombongan warga Indonesia telah mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, sekira pukul 17.12 WIB.

“Pesawat Garuda yang membawa pulang warga Indonesia (WNI) dari Ukraina, telah mendarat di Tanah Air. 80 WNI dan 3 warga negara asing yang merupakan keluarga dari WNI berada di dalam rombongan,” kata Retno dalam jumpa pers virtual, Kamis (3/3/2022).

Para WNI tersebut dijemput di Rumania setelah dievakuasi dari Ukraina. Dari Bandara Henri Coanda di Bukares, pesawat Garuda Indonesia menjemput para WNI sempat melakukan transit di Bandara Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah, Arab Saudi.

Retno menyebut, masih ada sejumlah pengungsi yang belum bisa ikut rombongan pulang ke Tanah Air. Mereka saat ini berada di Bukares.

“Terdapat 14 pengungsi yang masih tinggal di Bukares untuk sementara waktu, dan belum dapat ikut dalam rombongan kepulangan,” tuturnya.

Adapun rincian para WNI yang dievakuasi antara lain 50 orang adalah wanita, 17 anak-anak, 12 pria dan empat orang penjemput. Saat pesawat mendarat, satu persatu penumpang diangkut dengan menggunakan bus, untuk dibawa ke Terminal 2. (dan)

Credit: Source link

Related Articles