Masih Bingung Tahapan Pakai Skincare yang Tepat? Ikuti Tips Dokter

Masih Bingung Tahapan Pakai Skincare yang Tepat? Ikuti Tips Dokter

JawaPos.com – Skincare atau produk perawatan kecantikan saat ini merupakan kebutuhan bagi siapapun. Paparan polusi dan radikal bebas membuat kulit membutuhkan perlindungan. Sayangnya, sebagian orang masih bingung saat memakai skincare. Mana dulu yang harus dipakai?

Sebut saja, rangkaian produk perawatan misalnya dimulai dari membersihkan wajah, memakai essence, serum, krim, hingga tabir surya. Mana yang lebih dulu?

Menurut Dokter Estetik dr. Stiven Eli selaku Managing Director of Derma Express, perawatan kulit dan wajah tak terikat dengan tren. Pasalnya, kebutuhan setiap orang berbeda.

“Enggak ada hubungannya tren dengan kebutuhan manusia. Sebanyak 100 orang pasien bisa 100 varian kasus Tren enggak bisa relevan,” kata dr. Stiven di Cipete, Jakarta, baru-baru ini.

Ia mencontohkan berbagai perawatan yang diminati misalnya treatment facial, mesoline, laser, rejuvenation, botox, filler dan threadlift dengan menggunakan benang perfect lift. Tujuannya mengencangkan kulit kendur dan meremajakan kulit serta merangsang produksi kolagen dengan daya tahan hingga 2 tahun dan tanpa rasa sakit.

“Saat ini, tidak dapat dipungkiri penampilan menjadi hal pertama yang diperhatikan oleh orang-orang karena penampilan merupakan salah satu daya tarik seseorang,” katanya.

Selain perawatan dengan teknologi, penggunaan skincare juga menjadi andalan. Lalu apa saja yang harus dipakai lebih dulu?

“Sebetulnya hal itu bukan soal rangkaiannya mana yang dipakai lebih dulu. Akan tetapi cek kandungan skincare itu terlebih dahulu. Misalnya, saat bingung memilih pakai serum, krim, atau essence, cek kandungannya,” jelas dr. Stiven.

“Jika kandungannya sama saja, buat apa double double pakai ketiganya? Cukup salah satu saja, serum saja, atau krim saja, atau essence saja. Cukup, simple,” jelasnya.

Ia mencontohkan seseorang yang suka dengan tekstur skincare yang lebih encer, maka bisa memilih serum atau essence. Namun jika mereka suka dengan tekstur yang padat, krim dapat menjadi pilihan.

“Misalnya NCTF Serum fungsinya untuk melembapkan, mengencangkan, mengurangi dark circle, mengurangi keriput halus,” ujarnya.

2 Jenis Skincare Paling Penting

Paling penting adalah facial wash atau sabun pembersih wajah dan juga tabir surya atau sunscreen. Sebab kedua hal itu menjadi dasar untuk perlindungan kulit wajah.

“Akan tetapi saat membersihkan wajah, jangan sampai terlalu kesat dan bersih ya, karena wajah juga harus dijaga kelembabannya. Dan ada pula facial wash yang seolah bikin kulit sampai kencang ketarik saking kesatnya. Saya sarankan pilih skincare yang tidak membuat wajah sampai ketarik. Dan cuci wajah jangan sampai terlalu sering,” tuturnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles