Cegah Gerakan Teroris, Panglima TNI Bilang Bakal Bangun Poskotis

Cegah Gerakan Teroris, Panglima TNI Bilang Bakal Bangun Poskotis

JawaPos.com–Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meminta segera difungsikan Posko Komando Taktis (Poskotis) sebagai salah satunya upaya antisipasi memutus gerakan teroris. Poskotis tersebut untuk mencegah penyebaran ajaran radikalisasi yang mengarah ke tindakan terorisme.

”Kita akan bikin Poskotis, Posko Komando Taktis gabungan TNI dan Polri. Hampir setiap provinsi ada, empat sampai enam (Poskotis),” tegas Panglima TNI Hadi Tjahjanto seperti dilansir daari Antara usai meninjau pelaksanaan ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (2/4).

Hadi menjelaskan, TNI turut membantu Polri dalam hal pengamanan termasuk di Makassar dan Jakarta, usai aksi teror yang dilancarkan tiga orang pelaku. Penguatan intelijen juga dilakukan dalam pengumpulan informasi pergerakan terorisme.

”Untuk pasukan pengamanan dari TNI ada 1.001 personel. Kemudian Polri 1.900 personel, tidak hanya di Makassar, seperti kemarin di Jakarta juga ada lima ribu sekian. Kemudian di wilayah lain juga seperti itu. Sesuai dengan titik-titik yang kita perkuat,” sebut Hadi Tjahjanto.

Saat ditanyakan, sampai kapan pengamanan tersebut dilakukan, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara itu menyampaikan, khusus pengamanan rangkaian ibadah Paskah hingga pada puncaknya, Minggu (4/4). Namun, setelah itu tetap dilaksanakan upaya pencegahan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara


Credit: Source link

Related Articles