Agar Seluruh Siswa Mendapatkan Sekolah, Fasilitasi PPDB SMP Swasta

Agar Seluruh Siswa Mendapatkan Sekolah, Fasilitasi PPDB SMP Swasta

JawaPos.com – Kemajuan pendidikan di Kota Pahlawan tidak hanya ditopang sekolah negeri. Lembaga pendidikan swasta juga memiliki peran yang tidak kalah besar. Dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini, pemkot mengajak sekolah swasta untuk ikut berpartisipasi.

Wujud kolaborasi pemkot dan sekolah swasta itu terlihat di website PPDB Surabaya 2021. Lembaga pendidikan tersebut diberi ruang untuk penerimaan pelajar. Nanti calon peserta didik baru (CPDB) bisa mendaftar sekolah swasta lewat laman online tersebut.

Dua jalur disediakan pada PPDB sekolah swasta. Pertama, jalur swasta mitra warga. Fungsinya, menampung warga metropolis yang tidak mampu. Kedua, jalur swasta reguler.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Supomo menjelaskan, seluruh sekolah di Surabaya memiliki tugas yang sama. Yaitu, memberikan pendidikan kepada pelajar serta meningkatkan kualitas pendidikan. ’’Tugas itu tidak bisa terwujud tanpa bantuan sekolah swasta,’’ paparnya.

Untuk mendapatkan pendidikan, seluruh anak wajib bersekolah.

Nah, pemkot tidak bisa hanya mengandalkan lembaga pendidikan negeri. Sebab, jumlahnya terbatas. Tidak bisa menampung seluruh warga. ’’Karena target kami seluruh anak harus mendapatkan sekolah,’’ ucapnya.

Kualitas pendidikan juga harus ditingkatkan. Dengan bantuan sekolah swasta, siswa tidak hanya memadati satu sekolah. Namun, terdistribusi lebih merata. Dengan begitu, murid mampu menerima ilmu dari guru.

Sama seperti tahun lalu, PPDB sekolah swasta dibuka selepas PPDB negeri berakhir. Pemkot bekerja sama dengan SMP swasta. Saat ini jumlah lembaga pendidikan yang ikut berpartisipasi dalam program itu masih didata.


Credit: Source link

Related Articles