Pertama Kali Deflasi Sejak Awal Tahun, ini Penyebabnya

Pertama Kali Deflasi Sejak Awal Tahun, ini Penyebabnya

JawaPos.com – Turunnya harga komoditas setelah periode Ramadan dan Idul Fitri usai memengaruhi indeks harga konsumen (IHK) alias inflasi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadinya deflasi pada Juni. Angkanya mencapai 0,16 persen. Itu merupakan deflasi pertama selama enam bulan terakhir.

“Deflasi terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan beberapa indeks pengeluaran,” ujar Kepala BPS Margo Yuwono Kamis (1/7).

Sebanyak 4 di antara 11 kelompok pengeluaran mengalami deflasi (selengkapnya lihat grafis). Di antaranya, mamin dan tembakau, pakaian dan alas kaki, transportasi, informasi komunikasi, serta jasa keuangan.

Margo juga menyebutkan turunnya harga cabai merah yang andilnya 0,09 persen. Juga, daging ayam ras 0,06 persen; cabai rawit 0,04 persen; dan tarif angkutan transportasi 0,03 persen.

Dari 90 kota IHK, 56 kota mengalami deflasi dan 34 sisanya mengalami inflasi. Deflasi paling tinggi terjadi di Kupang. Sementara itu, yang terendah terjadi di Palembang.

Inflasi tertinggi terjadi di Singkawang dan terendah di Pekanbaru serta Tanjung Selor. Inflasi terjadi karena kenaikan harga daging babi dan harga tahu mentah.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (dee/bil/c13/hep)


Credit: Source link

Related Articles