Lompatan Besar Ekonomi Tiongkok Berawal dari Imitasi

Lompatan Besar Ekonomi Tiongkok Berawal dari Imitasi

JawaPos.com – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno mengatakan bahwa penguasaan riset dan teknologi menjadi kunci peningkatan kualitas sebuah negara. Kedua hal inilah yang menurutnya masih minim dilakukan oleh Indonesia.

“Pentingnya inovasi dan riset, yaitu kita membangun negara dengan sumber daya manusia yang berdaya saing. Kita bertekad untuk menciptakan super growth economy,” kata dia dalam webinar Riset untuk Merah Putih, Rabu (18/8).

Sudah banyak bukti mengenai itu, seperti Eropa barat yang kembali bangkit dengan investasi di bidang riset dan teknologi pascaperang dunia kedua yang menyebabkan peningkatan kualitas hidup. “Kita lihat Eropa Barat pascaperang dunia II dengan riset dan teknologi yang mereka kembangkan, betapa pesatnya bangkit kembali,” tambahnya.

Begitu juga di benua Asia, sejumlah negara berhasil berinovasi di bidang riset dan teknologi. Mulai dari, Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan tentunya Tiongkok.

“Luar biasa menjadi negara-negara unggulan di bidang teknologi, apalagi sekarang seperti Jepang di bidang teknologi khususnya bidang teknologi audio visual itu sangat unggul, Korea di bidang teknologi telekomunikasi, Taiwan di bidang microchip dan IT sangat unggul,” ungkapnya.

Bahkan, menurutnya Tiongkok lebih hebat dari negara-negara tersebut. Sebab, hanya dalam 1 generasi saja bisa mengubah pandangan dunia terhadap Tiongkok yang dianggap negara miskin menjadi negara yang sangat maju dan termasuk salah satu powerhouse di dunia dengan kekuatan ekonomi nomor dua di dunia.


Credit: Source link

Related Articles