Tak Ada Bahasan Ibu Kota Negara Baru di APBN 2022, ini Kata Kemenkeu

Tak Ada Bahasan Ibu Kota Negara Baru di APBN 2022, ini Kata Kemenkeu

JawaPos.com – Pemerintah memastikan, rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur masih terus berjalan. Meskipun anggarannya tidak disebutkan dalam APBN 2022, namun Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut rencana ini masih berlangsung.

“Pada dasarnya, prosesnya saat ini masih terus dilakukan diskusi,” kata Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan Rionald Silaban dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (20/8).

Rionald mengatakan, saat ini yang memimpin pembentukan aturan perundang-undangannya tetap Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Hingga saat ini pun masih terus dilakukan finalisasi.

“Saat ini masih terus difinalisasi. Diskusi antarkementerian sudah dilakukan. Beberapa hal yang dibicarakan tentu mengenai, satu soal pembiayaannya, kemudian soal penataannya. Tapi progresnya berjalan dan leader-nya adalah Bappenas,” tuturnya.

Seperti diketahui, pada 16 Agustus 2021, Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraan sama sekali tidak menyinggung soal pemindahan ibu kota dalam pidato Nota Keuangan 2021 dan APBN 2022.

Sementara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pemerintah belum mengalokasikan anggaran untuk program ibu kota baru dalam APBN 2022. Hal itu tecermin dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) untuk alokasi anggaran indikatif atau pagu indikatif, belum masuk anggaran untuk IKN.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles