Kadin dan TNI-Polri Luncurkan Mobil Vaksin Keliling

Kadin dan TNI-Polri Luncurkan Mobil Vaksin Keliling

JawaPos.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berkolaborasi bersama TNI dan Polri meluncurkan mobil vaksin keliling yang ditargetkan menyebar di 34 provinsi di Indonesia. Mobil tersebut digunakan untuk mencapai percepatan vaksinasi masyarakat sehingga mencapai kekebalan tubuh secara komunal atau herd immunity.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengungkapkan, untuk tahap awal saat ini tersedia untuk lima provinsi yang nanti ya akan diperluas hingga seluruh provinsi Indonesia. Nantinya, masing-masing provinsi akan disiapkan 2 mobil vaksin keliling dengan total 10 ribu vaksin tahap pertama di setiap provinsi.

Menurutnya, sasaran utama mobil vaksin keliling tersebut untuk menjangka para pelaku UMKM, pekerja kuliner, Pedagang Kaki Lima (PKL), serta masyarakat luas hingga ke daerah pelosok yang sulit terjangkau.

“Kita hadir ke tempat-tempat pelosok yang mungkin susah mendapatkan akses. Kita menggunakan vaksin gotong royong dengan target pelaku UMKM, pekerja kuliner, PKL, serta masyarakat luas, untuk memberikan kepercayaan ke masyarakat bahwa pelaku UMKM sudah divaksin,” ujarnya, Sabtu (21/8).

Dalam hal ini, Kadin Indonesia juga berkolaborasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), PB Nahdlatul Ulama, PP Muhammadiyah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemuda Pancasila, Alumni Sekolah Al-Azhar (Asia), juga asosiasi bisnis lainnya.

Acara vaksinasi Gotong Royong ini juga dibantu oleh HM Sampoerna, Kalbe, Sayurbox, Indika Foundation, Kaltim Prima Coal, dan Lembaga Penjamin Simpanan. Kemudian turut hadir dalam acara tersebut, Erika Dianasari perwakilan dari Alpha JWC Ventures dan Firdaus Juli perwakilan dari Benih Baik.

“Banyak sekali pengusaha kita bersama-sama untuk membantu mengupayakan kita perang melawan pandemi ini. Gotong Royong kita bersama, kita sebagai pengusaha ingin semua bangsa memenangkan pandemi ini. Roda ekonomi tidak akan berjalan jika kita tidak memenangkannya,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengapresiadi Kadin Indonesia dalam rangka mempercepat vaksinasi massal sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), demi tercapainya herd immunity di Indonesia.

Terkait mobil Vaksin Keliling, Kapolri menuturkan bahwa upaya yang dilakukan Kadin Indonesia merupakan bentuk pelayanan vaksinasi secara mobile dan menyentuh masyarakat.

“Terima kasih kepada Kadin Indonesia. Harapan kita ke depan sinergi antara seluruh stakeholder untuk membantu akselerasi vaksinasi massal bagi masyarakat dan bangsa kita bisa terus terjalin. Tentunya juga dengan herd immunity kegiatan aktivitas ekonomi bisa dikembalikan seperti dulu. Ini merupakan tugas bersama,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles