Ketika Taifib dan Kopaska Turun Selamatkan Sandera di Pantai Banongan

Ketika Taifib dan Kopaska Turun Selamatkan Sandera di Pantai Banongan

JawaPos.com – Seorang tokoh penting disandera oleh kelompok kriminal di di wilayah Pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur, Minggu, (22/8). Sejumlah prajurit Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir dan Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) pun diterjunkan.

Dalam operasi pembebasan sandera itu pun ditinjau langsung oleh pimpinan latihan yang juga Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, didampingi direktur latihan yang juga Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Laksamana TNI Yudo mengatakan, kegiatan latihan ini untuk meningkatkan profesionalisme, khususnya bagi prajurit junior, sehingga mereka memiliki pengalaman yang sangat bagus.

“Nanti yang kalian hadapi di medan yang sesungguhnya seperti ini dan dalam cuaca masih gelap kalian diterjunkan dan harus mengumpul di suatu tempat. Ini tidak mudah, karena kalian pasukan khusus harus diberikan latihan-latihan yang tidak mudah, sehingga nantinya kalian diperintahkan untuk menghancurkan sasaran-sasaran strategis di daerah operasi,” katanya.

Ke depan, kata Kasal, pihaknya akan membuat tempat-tempat atau sasaran untuk latihan yang sesungguhnya. Latihan yang sudah dilaksanakan secara rutin ini nantinya akan diubah, sehingga pola pikir prajurit ke depan harus berubah terus, karena memang situasi ke depan tidak akan sama seperti saat ini.

“Demikian juga dalam pelaksanaan latihan, nantinya yang akan kalian hadapi adalah betul-betul musuh,” katanya pula.


Credit: Source link

Related Articles