Bahas Kesejahteraan, Kadin Gelar Pertemuan dengan Para Buruh

Bahas Kesejahteraan, Kadin Gelar Pertemuan dengan Para Buruh

JawaPos.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar pertemuan dengan para serikat pekerja, diantaranya, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), serta Konfederasi Seluruh Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI). Pertemuan tersebut untuk menyepakati pembentukan kelompok kerja dalam menyejahterakan para buruh.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, para pengusaha dan buruh merupakan simbiosis mutualisme. Buruh merupakan salah satu tulang punggung perekonomian yang harus ditingkatkan produktivitasnya, karena mereka dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Kadin Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan buruh. Tujuannya antara lain adalah meningkatkan produktivitas, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu komunikasi antara Kadin Indonesia bersama serikat pekerja penting untuk dilakukan,” kata Arsjad Rasjid saat ditemui di Restoran Batik Kuring Jakarta, Kamis (13/1).

Arsjad memaparkan, kesepakatan dalam kelompok kerja tersebut berisi perumusan dan pengimplementasian program-program kerja demi meningkatkan kesejahteraan tingkat perekonomian buruh dan pekerja. Diantaranya adalah program pelatihan tingkat nasional.

“Program tersebut meliputi pelatihan, pemagangan dan sertifikasi yang dilakukan secara bersama antara lembaga pelatihan, lembaga sertifikasi dan industri,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, perumusan ini juga berisi kesepakatan program penyediaan kawasan perumahan, lengkap dengan fasilitas kesehatan dan pendidikan bagi buruh dan pekerja di kawasan industri. “Kadin dan serikat buruh juga sepakat menyusun road map, yang ramah terhadap pengusaha serta buruh dan berujung pada peningkatkan kesejahteraan semua pihak, dan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang ketenagakerjaan Adi Mahfudz menambahkan, pihaknya berharap kerjasama dengan serikat buruh, bisa berjalan dengan baik. Bahkan, sebulan sekali dan semester sekali akan digelar pertemuan untuk membahas perkembangan kerjasama.

“Mudah-mudahan setiap satu bulan sekali, dan satu semester sekali, kita bertemu membicarakan misi kita bersama,” pungkasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles