Ngobrol Terlalu Berisik saat Nonton Itu Nggak Asyik

Ngobrol Terlalu Berisik saat Nonton Itu Nggak Asyik

Anda sekalian punya hobi nonton bioskop? Bagus banget untuk sarana refreshing. Saya menyebutnya ’’pindah sebentar ke dunia lain’’. Hiburan pikiran dan rasa.

TAPI, jangan lupa bahwa bioskop adalah ruang publik. Meski kita membayar, ada hal-hal yang harus kita perhatikan sebagai tamu atau penggunanya.

Busana

Karena itu ruang publik, maka tampilan busana kita jangan sampai menjadi ’’kehebohan sosial’’. Mungkin maksudnya ingin santai, tapi sebaiknya tetap pedulikan norma sosial dan budaya. Jangan sampai kita pakai celana terlalu pendek, rok superpendek, atau blus ’’you can see’’ (tanpa lengan) yang sangat ketat. Intinya, bioskop itu tempat bersantai, tapi bukan rumah kita. Itu adalah ruang bersama. Sebaiknya santun berbusana. Busana menunjukkan keluasan wawasan berpikir dan bersikap. Wewangian juga secukupnya saja, jangan seperti akan ke pesta. Bisa mengganggu penonton sekitar.

Sikap Diri

• Upayakan hadir sebelum film mulai tayang. Jika terlambat masuk, berdua atau bahkan berkelompok, jaga sikap agar tidak mengganggu penonton lain. Hindari membuat kegaduhan, terutama suara. Saat masuk, sebisa mungkin jangan menutupi pandangan penonton yang sudah mulai menikmati film. Sekali lagi, bioskop bukan rumah kita.

• Ucapkan terima kasih kepada petugas yang mengantar kita ke kursi.

• Saat sudah duduk, terutama jika nonton berbanyakan, tahan diri untuk banyak ngobrol, berceloteh, atau bercanda sesuka kita. Memang kalau nonton barengan, kita sering cenderung ingin menikmati kebersamaan itu dengan santai dan banyak guyon. Tapi, kalau di dalam bioskop sebaiknya ditahan. Jangan sampai kita ditegur penonton lain karena dianggap berisik.

Handphone

• Senyapkan HP (silent mode) sebelum masuk bioskop. Upayakan tidak sering membuka HP karena cahaya layarnya mungkin bisa mengganggu sekitar.

• Hindari menerima/menelepon meski dengan suara berbisik. Jika memang penting, lebih baik keluar sebentar.

Kebersihan

Nah, ini penting. Sekali lagi, meski bayar tiket nonton, kita perlu menjaga sikap tentang ini.

• Jika membawa makanan dan minuman, pastikan kita sudah membawa kantong untuk tempat sampah sisa atau bungkus makanan dan minuman itu.

• Jangan tinggalkan sampah apa pun saat keluar dari gedung bioskop. Tinggalkan tempat duduk sebersih saat kita datang. Fair, bukan?

Jika bertemu dengan rombongan penonton berikut, hindari membahas keras-keras cerita film, terutama ending-nya. Apalagi dengan niat sengaja untuk ’’menggoda’’ mereka.

Selamat menonton. Berikan keasyikan ’’pindah sebentar ke dunia lain’’ itu bagi diri kita. Juga bagi teman-teman penonton lain. (*)


Oleh: BABY JOEWONO, Founder & Trainer of Baby Joewono Soft Skills Center, Penulis buku Optimizing You with Brain-based Soft Skills dan Soft Skills Solid, Profesi Melejit


Credit: Source link

Related Articles