Sebelum Ganja Dipakai untuk Medis, UU Harus Direvisi Dahulu

Sebelum Ganja Dipakai untuk Medis, UU Harus Direvisi Dahulu

JawaPos.com – Pakar Hukum Pidana Universitas Trisakti Jakarta, Abdul Fickar Hadjar menilai, penerapan ganja untuk kepentingan medis harus mengubah Undang-Undang terlebih dahulu. Sebab, saat ini secara gamblang ganja dilarang untuk dimiliki maupun dikonsumsi.

Fickar mengatakan, dengan mengubah Undang-Undang maka akan ada diskresi memiliki atau mengolah ganja. Sehingga penelitian maupun produksi obat dari ganja bisa dilakukan.

“Ya, tentu harus ada perubahan UU sebagai dasar diperbolehkannya, tetapi menurut saya bukan ganjanya langsung, melainkan turunannya yang sudah berupa obat,” kata Fickar kepada JawaPos.com, Sabtu (2/7).

Selain itu, Fickar berpandangan harus ada aturan ketat yang mengatur pemakaian ganja untuk kepentingan medis. Pemakaian ganja pun sebaiknya hanya untuk obat-obatan bagi penyakit tertentu.

“Harus ada kontrol dan pengawasan ketat bagi pabrik-pabrik obat yang diberikan izin produksi obat yqng berbahan dasar ganja, sehingga ganja secara efektif dapat dimanfaatkan untuk pengobatan,” jelasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan


Credit: Source link

Related Articles