Kekasihku Adalah Mantanmu, Sahabat Harus Tahu Tak Perlu Disembunyikan

Kekasihku Adalah Mantanmu, Sahabat Harus Tahu Tak Perlu Disembunyikan

Cinta hadir tak bisa diduga. Semua mengalir dengan sendirinya. Termasuk ketika seseorang jatuh cinta atau dekat dengan mantan kekasih sahabatnya sendiri.

MENJALIN relasi dengan mantan kekasih sahabat wajar saja asal dilakukan dengan keterbukaan. Kita tidak perlu menyembunyikan apa pun dari sahabat. Kita tidak bisa memaksakan kehendak hati, yang bisa dilakukan hanyalah mencoba membatasi diri agar tidak melukai sahabat kita. Itu saja.

Prinsipnya, saat sahabat putus, dia sudah benar-benar merelakan bahwa orang itu pernah menjadi bagian dari hidupnya. Ketika dia berdamai dengan dirinya sendiri dan mantannya, dia akan membebaskan mantan kekasihnya berelasi dengan siapa pun, termasuk dengan kita sebagai sahabatnya.

Dia sudah bisa mindfulness dan menjadi pribadi yang lebih terbuka. Kalau itu terjadi, 80 persen hubungan itu akan berjalan damai. Bahkan, ada lho orang yang bisa menikah dengan mantan kekasih sahabatnya dan hubungan dengan sahabatnya tetap baik.

Yang pasti, saat kita tidak menyembunyikan, kita belajar untuk menghargai. Yang membuatnya tidak etis adalah saat kita bermain di belakang karena akan mengakibatkan konflik dengan sahabat. Tanpa disadari, landasan sebuah cinta adalah emosi, etika, kepercayaan, dan kesetiaan. Kita berusaha menjaga poin-poin itu untuk membuat relasi dengan sahabat tetap berjalan baik walaupun tidak tertutup kemungkinan akan jadi lebih buruk.

Tentu saja, ada risiko hubungan dengan sahabat menjadi buruk. Salah satu penyebabnya adalah karena sahabat belum berdamai dengan dirinya. Kalau dia belum sepenuhnya move on, pasti ada rasa kecewa, sakit hati, dan merasa dikhianati. Kalau berpisahnya setengah hati, pasti masih ada luka, separo diri masih berharap.

Ada ego dalam diri yang tidak ingin mantan kekasihnya bahagia lebih dulu. Juga, ada perasaan membanding-bandingkan dirinya dengan kita. Wajar jika sahabat merespons negatif. Namun, itu juga menjadi sinyal bahwa dia belum sungguh-sungguh berdamai dengan masa lalunya.

Memang, kondisi tersebut serbasalah. Kita harus mengapresiasi dua hal, yakni cinta ke sahabat dan orang baru yang mana adalah mantan kekasih sahabat kita ini. Proses itu kadang terasa sangat sulit bagi beberapa orang.

Namun, kita sendiri mempunyai hak bebas menentukan kehidupan. Di sisi lain, berusaha menghargai pendapat dan mengerti kesulitan orang lain. Oleh karena itu, cobalah bersikap netral.


Credit: Source link

Related Articles