Gelar Produk Unggulan UKM Istimewa 2022, Bentuk Keberpihakan Pemda Berdayakan Potensi Ekonomi Lokal – KRJOGJA

Gelar Produk Unggulan UKM Istimewa 2022, Bentuk Keberpihakan Pemda Berdayakan Potensi Ekonomi Lokal – KRJOGJA

YOGYA, KRJOGJA.com – Guna memperingati satu dasawarsa ditetapkannya Undang-undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY, maka dilaksanakan pameran sekaligus promosi produk-produk UMKM di Eks Hotel Mutiara 1, Kota Yogyakarta.  Lokasi yang berada pada jalan Malioboro ini dipilih dengan pertimbangan nilai dan aspek strategis yang dimiliki untuk menarik minat pengunjung atau wisatawan dalam mengetahui produk-produk lokal istimewa khas Yogya.

“Dalam peringatan satu dasawarsa UUK Keistimewaan kami sengaja meningkatkan kapasitas UMKM dan mencoba menampilkan produk-produk yang merupakan hasil binaan Dinas Koperasi UKM DIY dari dana keistimewaan. Kami ingin melihat setelah mendapatkan dana keistimewaan ada perubahan atau tidak. Melalui kegiatan pameran ini kami ingin mengenalkan dan menampilkan produk-produk UMK hasil dana keistimewaan,” kata  Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi, MMA disela-sela pembukaan acara pameran di Eks Hotel Mutiara 1, Rabu (10/8/2022) malam.

Menurut Siwi, ‎pameran yang identik sebagai gelar produk UMKM ini adalah bentuk keberpihakan Pemda DIY, melalui Dinas Koperasi UKM DIY yang berkolaborasi bersama Paniradya Kaistimewan DIY dalam memberdayakan potensi ekonomi lokal berbasis kerakyatan. Adapun produk-produk UMKM yang ditampilkan adalah produk pilihan yang sudah memiliki legalitas dan sertifikasi produk dengan citarasa yang berkualitas.  Hal ini adalah bentuk komitmen para pihak yang memiliki kompetensi dalam pemberdayaan UMKM yang mengarahkan UMKM harus naik kelas dan memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk-produk pabrikan.

“Gelar produk unggulan UMKM yang dilaksanakan selama satu bulan penuh dan dimulai sejak 10 Agustus 2022 hingga 10 September 2022 ini, memiliki spirit keistimewaan yang menjiwai pembangunan daerah dengan sejumlah indicator-indikator keberhasilan, sebagaimana tujuan untuk memakmurkan dan mensejaterakan masyarakat,” terang Siwi.

Credit: Source link

Related Articles