Akan Dilantik jadi Menpan RB, Segini Total Harta Kekayaan Azwar Anas

Akan Dilantik jadi Menpan RB, Segini Total Harta Kekayaan Azwar Anas

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/9) siang. Hal ini untuk mengisi posisi Menpan RB yang mengalami kekosongan sepeninggal almarhum Tjahjo Kumolo.

Azwar Anas merupakan mantan Bupati Banyuwangi periode 2010 – 2021. Ia kemudian ditunjuk untuk menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak 13 Januari 2022.

Menelisik Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada laman elhkpn.kpk.go.id, Azwar tercatat memiliki total harta kekayaan senilai Rp 16.380.464.415 atau Rp 16,3 miliar.

Azwar Anas melaporkan harta kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 31 Maret 2022, dengan jenis pelaporan khusus awal menjabat sebagai Kepala LKPP.

Harta kekayaan Azwar Anas meliputi 11 bidang tanah dan disertai bangunan senilai Rp 4,8 miliar. Aset berupa properti itu tersebar di Banyuwangi, Jakarta Timur dan Bekasi.

Politikus PDI Perjuangan itu juga tercatat memiliki satu unit mobil Toyota Alphard tahun 2010 senilai Rp 180 juta.

Azwar mempunyai harta bergerak lainnya berjumlah Rp 146 juta. Tak hanya itu, ia juga memiliki surat berharga senilai Rp 5,9 miliar serta kas dan setara kas Rp 4,5 miliar. Dalam laporannya, Azwar juga tercatat memiliki harta lainnya senilai Rp 680 juta.

Mantan Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama periode 2000-2003 tersebut tercatat tidak memiliki utang. Dengan demikian, total harta kekayaan Azwar Anas berjumlah Rp 16,3 miliar.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan


Credit: Source link

Related Articles