Turunkan Berat Badan 1 Kg Per Minggu, Ikuti 5 Tips Diet Sehat Ini

Turunkan Berat Badan 1 Kg Per Minggu, Ikuti 5 Tips Diet Sehat Ini

JawaPos.com – Untuk mengukur tubuh seseorang kegemukan atau tidak, caranya membandingkan Indeks Massa Tubuh (IMT) dan tinggi badan. Lingkar perut dan pinggang juga dapat menjadi indikator. Jika di atas normal, seseorang dianjurkan untuk diet sehat.

Dalam keterangan Thermolyte Plus, Selasa (22/11), metode penurunan berat badan pada penderita obesitas akan berbeda untuk masing-masing individu. Namun secara umum angka menurunkan berat badan pada tingkat yang aman dan berkelanjutan yaitu 0,5 hingga 1 kg per minggu.

Selain itu sebagian besar orang disarankan untuk mengurangi asupan energi sebanyak 600 kalori per hari. Bagi kebanyakan pria, ini berarti mengonsumsi tidak lebih dari 1.900 kalori sehari, dan bagi kebanyakan perempuan, tidak lebih dari 1.400 kalori sehari.

Obesitas dapat disebabkan oleh banyak hal misalnya saja dari faktor genetik, lingkungan dengan pola makan makanan padat energi (tinggi lemak, gula, serta kurang sehat), selain itu juga bisa dipengaruhi oleh faktor obat-obatan dan hormonal. Penting bagi penderita obesitas untuk dapat menerapkan diet sehat yaitu:

1. Jangan Skip Sarapan

Pastikan tidak melewatkan sarapan dan mengkonsumsi makanan yang bisa membuat Anda merasa kenyang sampai waktu makan siang untuk meminimalkan ngemil. Telur, yogurt, oatmeal, dan roti gandum adalah beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan untuk mengawali hari.

2. Konsumsi air putih sebelum makan

Jangan lupa juga penuhi kebutuhan tubuh akan air sepanjang hari. Sebanyak 60 persen dari tubuh terdiri dari air, maka cairan bening dan bebas kalori ini berperan dalam hampir setiap fungsi tubuh. Tubuh yang terhidrasi akan semakin efisien bekerja untuk berpikir hingga membakar lemak tubuh.

3. Konsumsi Serat

Sayuran dan buah-buahan memiliki efek positif pada gula darah, yang dapat membantu menjaga nafsu makan. Apel, pir, dan sayuran berdaun hijau dapat berperan dalam penurunan berat badan. Kandungan glikemik yang rendah mencegah lonjakan gula darah yang dapat meningkatkan rasa lapar.

4. Olahraga

Rutin olahraga berintensitas sedang yang meningkatkan detak jantung dan pernapasan, seperti jalan cepat, bersepeda, renang rekreasi, dan menari.

5. Cukupi Protein

Cukupi kebutuhan protein yang bisa diperoleh dari daging, ikan, telur, kacang-kacangan dan sumber protein non-susu lainnya. Memaksimalkan proses diet sehat dengan mengkonsumsi produk suplemen makanan yang aman bagi tubuh.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles