M3GAN, Paduan Teknologi dan Horor yang Membikin Bergidik

M3GAN, Paduan Teknologi dan Horor yang Membikin Bergidik

Dalam dunia film, boneka kerap menjadi objek yang menakutkan. Tak terkecuali M3GAN. Tapi, M3GAN bukan boneka biasa. Dia adalah perpaduan robot dan artificial intelligence (AI) yang superpintar sekaligus mengerikan.

GEMMA (Allison Williams) adalah insinyur robotika di sebuah perusahaan mainan terkenal. Bersama rekannya, dia diam-diam membuat proyek robot boneka yang diberi nama M3GAN. Lalu, suatu hari terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kakak Gemma dan suaminya meninggal dunia.

Gemma pun harus menjadi wali dari putri mereka, Cady (Violet McGraw). Dia lantas mengenalkan Cady kepada M3GAN, sekaligus mengamati kecanggihan robot tersebut. M3GAN dan Cady menjadi sangat dekat, nyaris tak bisa dipisahkan. Tanpa disadari, M3GAN menjadi tidak terkendali dan membahayakan orang-orang di sekitarnya.

Film itu berangkat dari plot cerita karya James Wan dan Akela Cooper yang cukup menarik. Banyak penikmat film horor yang bergidik dengan sosok boneka. Sebut saja Annabelle, Chucky, hingga Brahms.

Namun, yang membuat film ini berbeda adalah unsur teknologi, sekaligus menyinggung batasan dan potensi bahaya yang dapat ditimbulkan AI, yang mana sangat relate dengan kehidupan masa kini.

’’Kami berbicara tentang AI dan apa yang bisa dilakukannya. Semua hal hebat yang dilakukannya, yang bisa kita lihat dalam film, dan semua hal mengerikan yang bisa dilakukannya, yang juga dapat kita saksikan di film,’’ kata Jason Blum, produser film tersebut, seperti dilansir dari IndieWire.

Namun, ada banyak plot hole dalam film itu. Beberapa hal terasa tidak masuk akal atau terlalu cepat. Misalnya, bagaimana proses M3GAN bisa tiba-tiba menjadi sangat canggih dan memiliki sifat jahat dalam dirinya. Juga, alasan M3GAN memburu orang-orang tanpa alasan yang jelas.

Film tersebut mengusung genre sci-fi dan horor. Sayang, tidak cukup banyak unsur science yang memperkuat ceritanya. Di sisi lain, film itu tidak begitu menegangkan untuk bisa dikatakan sebagai film horor yang baik. Hanya, tatapan dan ekspresi M3GAN memang cukup membikin bergidik.

Ada juga scene tarian di lorong yang ikonik dan patut diacungi jempol. ’’Hal yang benar-benar membuatnya terasa menyeramkan adalah dia ada di antara nyata dan tidak benar-benar nyata,’’ ujar Wan, seperti dilansir dari Collider.

Sementara itu, karakter Gemma yang diperankan Williams juga terasa monoton dan kurang emosional. Karakternya bahkan seperti yang ada di film-film horor lain. Overall,

film itu cukup memberi kesegaran di antara genre horor tentang exorcism atau perburuan hantu yang mulai membosankan. Tapi, tetap saja kurang gereget.

TRIVIA

– Menurut sutradara Gerard Johnstone, sosok M3GAN dibuat dengan perpaduan penampilan ikon layar tahun ’50-an. Misalnya, Audrey Hepburn, Grace Kelly, dan Kim Novak. Sementara itu, rambutnya 100 persen mirip Peggy Lipton.

– Johnstone mengaku telah menyiapkan lima dance sequence. Namun, karena padatnya jadwal, mereka hanya berhasil membuat satu dance sequence. Dance itu pun menjadi scene M3GAN yang paling ikonik.

– Sosok M3GAN diperankan oleh dua aktor, yakni Amie Donald dan Jenna Davis. Donald memperagakan gerakan tubuh M3GAN, sedangkan Davis mengisi suaranya. Wajah M3GAN merupakan perpaduan CGI dan animatronic puppet.

M3GAN

SUTRADARA: Gerard Johnstone

PENULIS SKENARIO: Akela Cooper

PENULIS CERITA: Akela Cooper, James Wan

PRODUSER: Jason Blum, James Wan

CAST: Allison Williams, Jenna Davis, Violet McGraw, Ronny Chieng

TANGGAL RILIS: 6 Januari 2023

DURASI: 102 menit

IMDb: 6,6/10

Rotten Tomatoes: 94%

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : IndieWire/Collider/Screenrant/adn/c18/ayi


Credit: Source link

Related Articles