Legenda Jeju di Serial Island, Perjuangan Mengalahkan Iblis Nafsu

Iblis nafsu kembali ke Pulau Jeju. Keberadaan mereka mengusik ketenangan pulau yang telah ratusan tahun hidup damai. Iblis itu memicu peperangan yang timpang. Sebab, klan pembunuh iblis serta dewi penyelamat telah lama hilang di sana.

AHLI waris keluarga chaebol dan Grup Daehan Won Mi-ho (Lee Da-hee) dipaksa meninggalkan Seoul. Karena sebuah skandal, dia diasingkan ke Pulau Jeju untuk menjadi seorang guru. Di sana, dia tinggal di rumah keluarga bersama kepala pelayan Jang (Oh Gwang-rok).

Kedatangan Mi-ho disambut dengan kebangkitan kembali iblis nafsu yang telah ratusan tahun hilang dari Jeju. Sejak saat itu, serangan berkali-kali muncul, merasuki manusia dan mengubahnya jadi monster. Di sana, hanya pembunuh iblis Van (Kim Nam-gil) yang mampu menghentikan kekuatan jahat itu. Karena mewarisi darah iblis, dia pun hidup abadi.

Sadar dengan aura Mi-ho –yang dipercaya merupakan titisan juru selamat– Van langsung berjaga di sisi putri chaebol tersebut. Sementara itu, kepala pelayan Jang juga mengundang pendeta Johan (Cha Eun-woo) untuk tinggal di rumah tersebut. Meski masih muda, Johan adalah salah seorang pendeta pengusir roh jahat yang kuat.

Penjagaan ketat itu tidak langsung membuahkan hasil. Salah seorang murid Mi-ho menjadi korban iblis nafsu. Van dan Johan tidak akur. Johan memusuhi Van yang mewarisi darah iblis. Mi-ho pun masih belum menunjukkan kekuatannya. Di situasi kalut itu, Gungtan (Sung Joon) muncul. Dia adalah salah satu pembunuh iblis yang membelot dan lama menghilang dari Jeju.

Island menyuguhkan misteri, thriller, serta horor sekaligus. Cerita juga dihidupkan hubungan antartokoh utamanya yang penuh ’’drama’’. Penggemar versi webtoon-nya bakal mencermati banyak detail yang dihapus. Maklum, Island akan diceritakan dalam dua bagian, yang tiap bagiannya terdiri atas enam episode.

Di serial TVING-Prime Video itu, sutradara Bae Jong memilih Pulau Jeju karena memiliki cerita legenda sedih. Hal itu dinilainya sejalan dengan Island. ’’Aku juga berusaha menampilkan dua sisi yang berlawanan: siang dan malam di Jeju, serta perselisihan antara Timur dan Barat. Ada paduan antara tawa dan tangis,’’ paparnya dalam konferensi pers pada Desember lalu.

Sama dengan sang sutradara, Kim Nam-gil menyatakan sempat menolak tawaran Island. Maklum, serial webtoon-nya laris dan bahkan sudah dicetak ulang. Namun, dia tertarik karena penggambaran tokoh Van yang memesona di naskah. ’’Meski kuat, dia adalah persona yang tetap mampu mengekspresikan luka batin,’’ ucapnya.

Sementara itu, bagi Lee Da-hee, Island merupakan ’’panggung’’ pembuktian dirinya. Dia tahu, ada aktris lain yang awalnya di-cast untuk peran Won Mi-ho, sebelum akhirnya mundur. ’’Aku berkata pada diriku, ’aku juga bisa, kok’,’’ papar Da-hee. Bagi dia, Mi-ho adalah penyegaran di antara tokoh-tokoh girl crush yang biasa dia perankan.

Dengan cast solid dan ’’modal’’ cerita yang matang, Bae Jong mengaku, Island masih menjadi proyek yang sulit. Sebab, banyak efek CGI yang ditampilkan. ’’Ada hutan berhantu, monster, dan para iblis yang beterbangan.

Level kesulitannya cukup berat. Ini juga pertarungan antara uang dan waktu,’’ tegasnya. Dia menyatakan, hingga kini timnya masih menyempurnakan efek visual untuk mendapat hasil akhir yang memukau.

TRIVIA ISLAND

Lee Da-hee sempat mengalami cedera leher saat syuting pada Desember 2021. Dia diizinkan rawat jalan karena cederanya ringan.

Selama di Jeju, Kim Nam-gil sering mentraktir kru dan cast kopi maupun makan malam.

Selama di Jeju, para cast serta kru –termasuk Lee Da-hee dan beberapa kru perempuan– sering melakukan pertandingan sepak bola di sela jadwal syuting.

Choi Tae-joon dikonfirmasi tampil sebagai kameo. Penampilan itu sekaligus jadi yang pertamanya setelah menjadi ayah. Pada tahun lalu, Tae-joon muncul di Twenty Five Twenty One.

Untuk karakter Johan, Cha Eun-woo belajar pada pendeta Katolik dan meminta saran pada Nam-gil yang pernah memerankan pendeta di The Fiery Priest.

Sung Joon mengaku, untuk mendapatkan warna rambut perak, rambutnya di-bleach hingga tujuh–delapan kali. Hal itu membuat rambutnya mudah rontok.

ISLAND

RATING SENSOR: 16+

SUTRADARA: Bae Jong

PENULIS: Yoon In-wan dan Yang Kyung-il (penulis webcomic), Jang Yoon-mi

PENYIARAN: TVING, Prime Video

EPISODE: 6 (telah tayang 4 episode)

PEMERAN: Kim Nam-gil, Lee Da-hee, Cha Eun-woo, Sung Joon

AsianWiki ; 90%

MyDramaList: 8,2


Credit: Source link