Abu Vulkanik Gunung Taal Tidak Sampai ke Indonesia

Abu Vulkanik Gunung Taal Tidak Sampai ke Indonesia

Gambaran Gunung Taal Filipina mulai menyemburkan lahar (foto: Google)

Jakarta, Jurnas.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pastikan, tidak ada abu vulkanik letusan Gunung Taal di Filiina yang sampai ke Indonesia.

Seperti diketahui Gunung api Taal meletus dan mengeluarkan material vulkanik berupa uap, abu dan batuan kecil setinggi hingga 1 kilometer di Batangas, Filipina, Ahad (12/1/2020)

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo mengatakan, otoritas setempat telah mengeluarkan peringatan dini agar warga dan turis segera mengevakuasi diri dari tiga wilayah yang paling dekat dengan kawah yakni, Tagaytay, Batangas dan Cavite.

Pihak Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) telah menetapkan status bahaya level 4 sejak Ahad (12/1/2020), yang berarti erupsi gunungapi Taal masih dapat berlangsung beberapa jam kemudian bahkan hingga berhari-hari.

Phivolcs juga merekam adanya gempa bumi yang dirasakan hingga mengeluarkan suara gemuruh di sekitar kaldera dan sejumlah desa di Agoncillo, Batangas.

Menurut keterangan resmi dari Phivolcs, muntahan material vulkanik menutupi wilayah Barat Daya.

“Hingga saat ini belum ada laporan terkait jatuhnya korban di wilayah terdampak,” kata dia.

Pemerintah setempat mengimbau warga agar selalu mengenakan masker mengingat abu vulkanik yang dikeluarkan akibat erupsi tersebut sangat pekat.

Berdasarkan laporan sementara, belum ada laporan mengenai abu vulkanik yang mencapai wilayah Indonesia dari wilayah perbatasan terdekat Filipina, Sangihe di Sulawesi Utara.

TAGS : Gunung Taal Filipina BNPB Abu Vulkanik

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/65581/Abu-Vulkanik-Gunung-Taal-Tidak-Sampai-ke-Indonesia/

Related Articles