Agar Ekonomi Cepat Pulih, Mas Menteri Imbau Masyarakat Tidak Mudik

by

in

JawaPos.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat untuk bergandengan tangan memutus mata rantai penularan Covid-19. Salah satunya dengan bersama-sama mematuhi larangan mudik yang telah ditetapkan pemerintah.

Karena itu, untuk mengatasi rasa bosan lantaran tidak mudik ke luar daerah, Sandiaga mengajak masyarakat untuk berlibur di destinasi wisata lokal selama libur lebaran.

Meski begitu, Sandiaga memberikan catatan agar masyarakat yang berwisata tetap mematuhi kebijakan PPKM skala mikro yang diterapkan pemerintah daerah. Termasuk, penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin di destinasi wisata.

“Jadi saya harapkan ini akan memberikan kejelasan agar kita tidak bingung menghadapi situasi ini, bahwa mudik dilarang, kegiatan (masyarakat) mengacu kepada PPKM skala mikro dan ada aglomerasi-aglomerasi yang sudah ditentukan oleh pemerintah untuk dipatuhi, termasuk juga kegiatan masyarakat berwisata lokal,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/4).

Sandiaga juga menegaskan, kebijakan larangan mudik lebaran diambil pemerintah dengan pertimbangan data. Berdasarkan data tahun 2020, jumlah kasus Covid-19 melonjak signifikan selama masa liburan.

Karena diketahui, setelah musim libur lebaran misalnya, kasus Covid-19 melonjak hingga 94 persen. Sementara kenaikan kasus Covid-19 paska libur Natal dan tahun baru (Nataru) mencapai 70 persen.

Baca Juga: Reformasi ASN, Naik Pangkat Tiap Dua Tahun dan Usia Pensiun Ditambah

Baca Juga: Sudah Disetujui 30 Negara, Sinovac Produksi 2 Miliar Vaksin Covid-19

“Jadi keputusan pemerintah untuk meniadakan mudik dan secara tegas melarang mudik itu betul-betul dilandasi dari data-data, bahwa kalau ada pergerakan secara masif seperti lebaran dan Nataru mengakibatkan lonjakan yang sangat signifikan dari penularan virus Covid-19,” kata Sandiaga.

“Oleh karena itu larangan mudik ini harus kita patuhi dan saya mohon sekali masyarakat kita bisa mengerti keputusan yang diambil pemerintah,” imbuh pria yang akrab disapa Mas Menteri ini.

Sandiaga juga berharap, kepatuhan masyarakat untuk tidak mudik dan menjaga protokol kesehatan dapat berbuah baik. Bila kasus penularan Covid-19 paska libur lebaran dapat menurun, Sandiaga optimistis pariwisata dan ekonomi kreatif akan kembali pulih.

“Saya harap dengan kepatuhan kita terhadap keputusan pemerintah, maka kita bisa menekan angka penularan covid-19 yang agak sedikit merangkak naik. Jadi ini butuh kerjasama. Saya mohon sekali bantuan dari segenap masyarakat di seluruh pelosok nusantara untuk patuh terhadap protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” kata Sandiaga.


Credit: Source link