Agar Hemat, Ikuti 4 Tips Cermat dan Bijak Saat Belanja Online

JawaPos.com – Saat memutuskan ingin belanja online, seseorang sebaiknya mempertimbangkan berbagai hal sesuai kebutuhan. Keuntungan berbelanja online adalah seseorang mendapatkan sejumlah kemudahan dan kepraktisan sehingga lebih efisiens waktu dan tenaga. Namun, setiap orang perlu selalu cermat dan hemat saat berbelanja, khususnya untuk kebutuhan bulanan rumah agar keuangan dapat dikelola secara optimal.

Kaum hawa biasanya paling jeli melihat berbagai promo yang menjadi keuntungan dan daya tarik tersendiri. Hal pertama yang perlu disadari sebelum berbelanja online adalah apakah produk yang mau dibeli termasuk dalam kategori ‘kebutuhan’ atau ‘keinginan’?

Tips dari Shopee COD 2.2 Sale, Senin (23/1), kebutuhan harus selalu didahulukan daripada keinginan. Jika kebutuhan tidak tercukupi, Anda bisa saja mengalami masalah atau kendala dalam beraktivitas. Dengan menyadari hal ini, Anda akan lebih mudah untuk memutuskan barang yang sebaiknya dibeli atau tidak perlu dibeli meskipun harganya tidak mahal. Nah, agar dapat belanja kebutuhan rumah dan harian dengan lebih cermat dan bijak, yuk simak dan coba terapkan tips berikut ini :

1. Buat rencana daftar belanja barang kebutuhan

Menyusun daftar belanjaan dan menentukan perkiraan jumlah uang yang dibutuhkan sangat penting untuk dibuat di awal. Adanya daftar belanja membuat kegiatan belanja jadi lebih terarah, tidak makan waktu lama, dan terhindar dari barang kebutuhan yang lupa terbeli. Selain itu, Anda jadi tahu skala prioritas belanja dan tidak mudah tergoda dengan banyaknya tawaran menggiurkan mulai dari produk baru hingga barang diskon yang mungkin saja hanya keinginan sesaat.

2. Cek informasi dan deskripsi produk yang lengkap

Sebelum membeli sebuah barang atau benda secara online, jangan lupa untuk menggali banyak informasi terlebih dahulu. Memeriksa gambar dan deskripsi produk dengan cermat. Bahkan ada beberapa penjual yang sudah menjelaskan produk secara lengkap di deskripsi sehingga membuat pembeli jadi lebih mudah untuk kenal produknya. Jangan lupa untuk survei harga produk terlebih dahulu. Anda bisa mulai membandingkan harga dan tawaran terbaik dari beberapa penjual. Lalu, perlu juga memperhatikan sejumlah faktor lain, misalnya garansi, kualitas produk, dan testimoni pembeli agar kamu bisa mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan.

3. Cermat memilih metode pembayaran yang diinginkan

Kemudahan berbelanja online didukung oleh tersedianya metode pembayaran yang sangat beragam untuk memberikan kenyaman dan kepuasan pengguna. Banyak sekali pilihan yang dapat digunakan mulai dari metode transfer bank, virtual account, membayar dengan e-wallet, hingga bayar di tempat atau seringkali disebut dengan Cash On Delivery (COD).

COD dihadirkan untuk menjangkau pengguna yang belum memiliki akses ke keuangan digital, dimana pengguna dapat memilih untuk COD atau ‘Bayar di Tempat’ secara tunai kepada kurir sesuai dengan nilai transaksi. Bukan hanya itu saja, para pelaku usaha juga dapat menikmati keuntungan dari Shopee COD ini agar dapat memperluas jangkauan produk ke seluruh daerah di Indonesia.

4. Manfaatkan penawaran menarik voucher dan kupon diskon

Biar lebih hemat, manfaatkan program promo dan diskon yang ditawarkan toko saat belanja online. Misalnya gratis Ongkir Se-Indonesia, voucher Kilat 100RB dan lainnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link