Agus Lahinka Bawa Koleksi Bertema Gorontalo ke Runway IFW 2023

JawaPos.com-Desainer Agus Lahinka membawa 10 busana ke runway Indonesia Fashion Week 2023 (IFW) di Jakarta Convention Center, Rabu (22/2). Koleksi yang mengusung 3 warna yaitu warna mustard, terakota, dan hijau tersebut terinspirasi dari kebudayaan Gorontalo, daerah asal Agus.

“Sepuluh busana yang saya desain tadi saya memilih warna-warna yang tren di 2023. Kemudian saya kombinasikan dengan motif Karawo yang simple dan saya buat dengan besar agar terlihat menonjol,” kata Agus Lahinka saat ditemui di JCC Senayan Jakarta, Rabu (22/2).

Koleksi yang ditampilkannya memiliki sejumlah motif seperti ornamen adat Pahangga, burung maleo, dan yang lainnya. Ada juga koleksi busana yang ditampilkan Agus Lahinka menerapkan perpaduan warna.

Dia mengungkapkan, sejumlah koleksi yang diperagakan oleh sejumlah model semuanya menggunakan bahan linen. Proses pembuatan busana yang ditampilkan di IFW cukup sulit untuk proses pengerjaanya. “Saya langsung sulam di kainnya, ada yang membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk penyulamannya satu item,” katanya.

Agus Lahinka mengatakan, persiapan untuk IFW 2023 sudah sejak dari pertengahan tahun lalu. Dia mengaku berkonsultasi dengan pengurus pusat APPMI untuk memastikan kesesuaian dengan tema dan padu padan warna.

“Februari awal mereka melakukan pengecekan final dan akhirnya kita bisa tampil hari ini,” katanya.

Agus Lahinka bukan kali ini saja tampil di ajang fashion week bergengsi. Pada 2017, dia sempat memboyong koleksinya ke New York Fashion Week. Sementara di IFW. “Pemerintah dan masyarakat Gorontalo bangga dan mereka mau memberikan dukungan,” tandasnya. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Abdul Rahman


Credit: Source link