Ahli Gizi Tegaskan Pentingnya Serat pada Buah dan Sayur saat Diet

Ahli Gizi Tegaskan Pentingnya Serat pada Buah dan Sayur saat Diet

JawaPos.com – Ingin diet jangan hanya asal demi membuat tubuh langsing. Sebah bukan soal mengurangi jumlah makanan, seseorang diminta melakukan metode diet yang tepat. Masyarakat juga perlu memperhatikan kandungan gizi dalam menu dietnya termasuk jangan melewatkan kompisisi sayur dan buah.

Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik (PDGKI) dan platform aplikasi layanan kesehatan terpadu Good Doctor menegaskan bahwa serat yang terkandung dalam sayur dan buah adalah salah satu zat gizi yang harus dikonsumsi pelaku diet. Ahli Gizi dr. Arti Indira, MGz., SpGK., FINEM dari PDGKI menjelaskan diet menurunkan berat badan yang benar itu harus mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi lengkap. Ada karbohidrat, protein, lemak, dan banyak makan buah dan sayur.

“Serat tidak akan menghambat penurunan berat badan atau menyebabkan kegemukan,” jelas dr. Arti dalam Instagram Live Good Doctor Bersama PDGKI, Minggu (14/3) malam.

Baca Juga: Manfaat Serat Sehatkan Pencernaan dan Imunitas Selama Pandemi

Seluruh zat gizi tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme dan mempertahankan fungsi seluruh organ tubuh agar tetap sehat dan optimal. Tidak bisa ada salah satu zat gizi tersebut dihilangkan.

Oleh karena itu, agar program penurunan berat badan berhasil, masyarakat harus lebih bijak menyaring informasi tentang diet yang beredar karena salah memilih program diet bisa fatal. Ke mana masyarakat mengakses informasi tentang diet yang sehat?

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles