Air Bersih Jauh Lebih Penting Dari BBM

Air Bersih Jauh Lebih Penting Dari BBM

JawaPos.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, keberadaan air bersih lebih penting dibandingkan minyak bumi dan bahan bakar minyak (BBM).

Menurutnya, keberadaan dan ketersediaan air bersih tidak bisa digantikan oleh apapun. Sebab, air bersih merupakan elemen dasar yang dibutuhkan makhluk hidup.

“Air bersih merupakan elemen dasar yang dibutuhkan manusia yang saya nilai jauh lebih penting dari sekedar minyak bumi, BBM,” ujarnya secara virtual, Jumat (19/2).

Baca Juga: Telan Investasi Rp 1,7 Triliun, Proyek SPAM Jatiluhur I Tak Pakai APBN

Luhut menilai, tak ada yang dapat menggantikan air bersih. Selain itu, ketersediaan air bersih juga menjadi sumber pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkelanjutan. Sebab, air bersih, sanitasi, dan kebersihan mampu menjamin kesehatan apalagi di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Seperti diketahui, pemerintah memastikan pembangunan proyek KPBU SPAM Regional Jatiluhur I dimulai Agustus 2021. Proyek strategis nasional (PSN) ini akan dibangun selama 2,5 tahun dan akan beroperasi pada Februari 2024.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles