Akhirnya Digelar di Jakarta, Catat Tanggal Main ‘Under the Volcano’

JawaPos.com – Setelah sebelumnya dipentaskan di luar negeri, pertunjukan teater Under the Volcano akhirnya akan dipentaskan di Jakarta. Pertunjukan akan digelar di Ciputra Artpreneur Theater Sabtu, 27 Agustus 2022, dalam dua sesi yaitu pada pukul 16.00 dan 20.00 WIB.

Restu Kusumaningrum selaku Direktur Artistik Bumi Purnati Indonesia mengatakan bahwa pertunjukan teater ini akhirnya akan digelar di Jakarta setelah mendapatkan kepastian ada venue berstandar internasional. Sebab Under the Volcano sendiri memang dibuat mewah untuk tontonan berkelas.

“Kenapa di sini ? Karena menurut saya memenuhi kriteria yang kita inginkan. Dari segi tata lighting, panggung, dan lain sebagainya,” kata Restu dalam jumpa pers di Ciputra Artpreneur Kuningan, Setiabudi Jakarta Selatan, Kamis (18/8).

Kerja sama untuk gelaran pertunjukan di Jakarta sejatinya sudah direncanakan cukup lama. Akan tetapi, pertunjukan tidak dapat digelar akibat pandemi Covid-19.

“Sebenarnya ini harusnya dilakukan 2 tahun lalu,” katanya.

Pertunjukan teater Under the Volcano dibuat terinspirasi dari dari ‘Syair Lampung Karam’ karya Muhammad Saleh yang ditulis pada 1883 silam. Karya yang sarat dengan nuansa jurnalistik ini menggambarkan bencana dahsyat letusan Gunung Krakatau yang menewaskan banyak orang dan meluluhlantakkan desa-desa.

Komunitas Seni Hitam Putih yang berasal dari Padang Panjang lantas mengadaptasinya menjadi pertunjukan teater karena dianggap relevan dengan situasi di kampung halaman mereka yang kerap harus waspada terhadap bencana alam mengingat kontur geografis yang dikelilingi oleh gunung berapi.

Pertunjukan Under the Volcano juga dianggap sebagai pengingat bahwa bencana alam akan selalu menjadi bagian dari kehidupan masyarakat karena lokasi geografis Indonesia terletak di lintasan ring of fire.

Under the Volcano sebelumnya telah beberapa kali dipentaskan. Pertama kalinya dihadirkan dalam acara Olimpiade Teater ke-6 di Dayin Theatre, Beijing,Tiongkok pada 7 dan 8 November 2014.

Kemudian pada 21-23 April 2016, Under the Volcano kembali dipentaskan di Theatre Works, Singapura. Dan pada 24 November 2018, pertunjukan teater arahan sutradara Yusril Katil itu dipentaskan pada perhelatan budaya Borobudur Writers & Cultural Festival (BWCF) 2018 di Panggung Akshobya Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.


Credit: Source link