Alasan Desain Label Gizi Didesain Ulang

by

in
Alasan Desain Label Gizi Didesain Ulang

Ilustrasi label gizi (Foto: CBC)

Jakarta, Jurnas.com – Badan POM selain memiliki tugas dan fungsi menyiapkan regulasi tentang label pangan olahan termasuk label gizi, juga melakukan pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE).

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito mengatakan telah merevisi regulasi tentang Informasi Nilai Gizi termasuk bentuk penyampaian Informasi Nilai Gizi yang mudah dipahami oleh konsumen.



“Sosialisasi pembacaan label gizi yang dilaksanakan Badan POM sangat penting, karena selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, juga untuk memberikan pemahaman mendalam terkait penerapan regulasi pelabelan gizi,” ucapnya.

Setelah melakukan survei penentuan desain/bentuk label gizi yang paling sesuai dan paling mudah dipahami oleh masyarakat akhirnya diperoleh desain monokrom informasi nilai gizi dan logo “Pilihan Lebih Sehat” yang dicantumkan pada bagian utama label dengan penjelasan sebagai berikut:

Baca juga.. :

1. Desain monokrom

Pada dasarnya sama dengan informasi nilai gizi yang ada di belakang label. Namun desain ini hanya sebagai highlight dari beberapa zat gizi yang terkait dengan PTM seperti energi, lemak, lemak jenuh, gula, dan garam.

2. Pilihan lebih sehat

Produk yang mencantumkan logo “Pilihan Lebih Sehat” berarti telah memenuhi kriteria untuk menjadi pilihan produk yang lebih sehat berdasarkan kandungan gula, garam, atau lemaknya. Untuk tahap awal baru diberlakukan untuk produk minuman siap konsumsi dan mi/pasta instan.

Meskipun demikian masyarakat harus memahami bahwa pilihan lebih sehat ini dibandingkan dengan produk sejenis dan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

“Adanya penyederhanaan desain label gizi ini diharapkan mampu membuat masyarakat lebih tertarik dan mudah memahami pembacaan label gizi pada produk serta menjadikan label gizi ini sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih produk pangan sesuai dengan kebutuhan gizinya,” pungkas Penny.

TAGS : Label Gizi Desain Label Badan POM

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/58905/Alasan-Desain-Label-Gizi-Didesain-Ulang/