Aljazair Ingin Akhiri Perang Dingin dengan Maroko

by

in
Aljazair Ingin Akhiri Perang Dingin dengan Maroko

Abdelmadjid Tebboune, presiden Aljazair, 13 Desember 2019 [Faisal / Twitter]

Jakarta, Jurnas.com – Presiden Aljazair mengatakan bahwa ia akan menyambut inisiatif untuk mengakhiri perang dingin selama beberapa dekade dengan Maroko.

“Jika mereka berpikir suatu inisiatif harus diambil, saya pikir itu akan baik. Mereka dapat mengambil inisiatif, yang akan mengakhiri masalah ini untuk selamanya, ”kata Abdelmadjid Tebboune dilansir Middleeast, Senin (06/07).

“Kami tidak memiliki masalah dengan saudara-saudara Maroko kami, mereka tampaknya memiliki masalah dengan kami,” tambahnya.

“Segala sesuatu yang kami lakukan di Aljazair di dalam negeri mengira kami memiliki beberapa motif tersembunyi, kami tidak punya, tidak ada motif tersembunyi terhadap saudara-saudara kami di Maroko atau raja Maroko.”

Perbatasan antara kedua negara telah ditutup selama beberapa dekade.

Diduduki oleh Spanyol hingga 1975, Sahara Barat – sebuah wilayah besar di Maroko selatan – tetap menjadi subyek perselisihan antara Maroko dan Front Polisario yang didukung Aljazair selama lebih dari empat dekade.

Setelah bertahun-tahun konflik, kedua pihak menandatangani gencatan senjata yang didukung PBB pada tahun 1991.

Polisario, sebuah gerakan pembebasan nasional yang ingin mengakhiri kehadiran Maroko di Sahara Barat, telah lama menyerukan referendum populer untuk menentukan nasib politik kawasan itu.

TAGS : Presiden Aljazair Pemerintah Maroko

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/74926/Aljazair-Ingin-Akhiri-Perang-Dingin-dengan-Maroko/