Anak-anak Bisa Menangis Saat Menonton Film, Begini Pandangan Psikolog

JawaPos.com – Sebuah film memang bisa membawa dampak bagi penontonnya. Tidak jarang orang yang menonton film baik Drama Korea, film Indonesia, atau lainnya bisa sampai menitikkan air mata ketika mereka terbawa oleh emosi dalam film.

Orang yang sampai terbawa emosi dalam film sebenarnya bukan hanya dialami oleh orang dewasa saja. Kalangan anak-anak juga bisa merasakannya. Seperti dalam unggahan Instagram sutradara Hanung Bramantyo dimana ada anak yang sampai menangis sejadi-jadinya usai menonton film Miracle Cell No.7. Apa pandangan psikolog terkait hal tersebut ?

Psikolog Anak dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya, Jane Cindy Linardi, M.Psi, Psi mengatakan, anak juga bisa menangis saat menonton film. Hal ini biasanya terjadi ketika ia berhasil masuk ke dalam emosi dari karakter yang dimainkan dalam film.

“Dari segi penceritaan, penonton dibawa masuk untuk mengenal karakter-karakternya terlebih dahulu. Sehingga penonton akan membangun empati terhadap tokoh-tokoh dan turut merasakan emosi dari tokoh-tokoh tersebut,” kata Jane Cindy Linardi dalam keterangannya, Selasa (20/9

Sebuah film akan semakin kuat mengaduk emosi para penonton termasuk dari kalangan anak-anak ketika elemen cerita dan musik digabungkan. Dan emosi mereka akan lebih mudah tersentuh ketika tokoh dalam karakter film yang ditonton memiliki kemiripan dengan cerita personalnya atau cerita orang-orang di sekitarnya.

“Musik yang dipilih biasanya yang sesuai tujuannya untuk membangun emosi yang sedang ditampilkan dalam adegan film. Untuk anak-anak yang menangis dan memeluk orang tuanya setelah menonton, artinya mereka punya kepekaan emosi yang baik,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, anak-anak yang menangis saat menonton film sebenarnya bagus. Itu berarti dia memiliki kepekaan dan empati pada karakter atau tokoh yang disajikan dalam film. Momen ini seharusnya dimanfaatkan oleh orang tua atau pendamping anak untuk berdiskusi lebih lanjut terkait hal-hal yang membuat si anak tersentuh.

“Bisa juga nanti orang tua-orang tua yang ajak anaknya nonton, tanyakan ke anaknya apa yang mereka rasakan setelah nonton film tersebut. Nanti bisa digali lebih dalam,” tegasnya.

Beberapa hari lalu, Hanung Bramantyo mengunggah video di akun Instagram. Dalam video, terlihat salah satu anak menangis sejadi-jadinya usai menonton film Miracle Cell No.7. Sejumlah teman-teman sebayanya pun sampai berusaha menegarkannya.

“Ya Allah, nak. Saya nggak tahu ada kisah apa di balik kesedihannya. Yang jelas, ngliat ini rasanya pengen meluk,” tulis Hanung memberi keterangan pada unggahannya tersebut.


Credit: Source link