Anak Mulai Belajar Toilet Training, Bukan Sekadar Tugas Ibu

Anak Mulai Belajar Toilet Training, Bukan Sekadar Tugas Ibu

Bulan depan, si kecil usianya bertambah. Yeay, ini waktunya memulai toilet training! Kira-kira, adek mau nggak ya lepas popok dan belajar buang air kecil-besar di toilet? Tapi, kalau tidak mau, masak pakai popok terus?

TAK mungkin selamanya anak menggunakan popok dong. Betul nggak, Bund? Misalnya, si jagoan usianya sudah 4 tahun masih pakai popok. Pertama, tentu anak akan malu dan merasa tidak nyaman. Kedua, pengeluaran bisa boncos juga parents. Hehe.

Apa itu toilet training? Toilet training berarti anak mulai belajar buang air kecil atau besar di toilet. Nah, soal toilet training, pasangan figur publik Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck punya cerita menarik, Mom.

Kala itu keduanya tengah berlibur di Jepang beberapa waktu lalu. Tak ketinggalan, putra sulung mereka, Bjorka Dieter Morscheck, ikut diajak terbang sekalian ke Negara Matahari Terbit tersebut.

Saat itu Ringgo dan Sabai menjalankan toilet training kepada Bjorka sebelum tiba di Jepang. Ringgo mengaku sempat give up saat di Jepang sulit sekali menemukan toilet. Karena sudah lima celana Bjorka yang dibuang. Pemain film Keluarga Cemara tersebut meminta Sabai memberi Bjorka popok.

Begitu mendengar ucapan Ringgo, Sabai lantas menoleh. Dia menolak permintaan Ringgo. ”Sabai bilang, ’Anakku pasti bisa kok. Anakku hebat kok.’ Di situ aku langsung merasa keren banget sih istriku ini,” kenang Ringgo saat berbagi cerita di webinar Parentalk beberapa waktu lalu.

Menurut Sabai, saat dirinya mengiyakan permintaan Ringgo, toilet training untuk Bjorka akan mengulang dari awal lagi. Sabai tak ingin hal itu terjadi. Karena itu, dia mengaku rela menemani jagoan kecilnya tersebut. Baik itu buang air kecil ataupun besar. ”Aku nggak pernah mengeluh sedikit pun di depan Bjorka atau suami. Butuh konsistensi dan komitmen, baik itu ke aku ataupun suami,” paparnya.

Sejak memiliki anak, Ringgo mengaku tak pernah berhenti belajar kepada kerabat, psikolog, hingga Bjorka sendiri. Bahkan ketika pasukan kecilnya bertambah satu lagi. Prinsipnya, dia enggan menjadi orang tua yang menang sendiri. Semua masukan atau saran diterima Ringgo dan Sabai. Tidak terkecuali dari Bjorka si malaikat kecilnya.

Menurut Ringgo, mengurus anak bukan hanya peran atau tugas seorang ibu. Ayah pun harus ikut terlibat. ”Ayah perlu mendukung ibu yang biasanya lebih banyak mengambil alih dalam mengurus anak,” tutur pria kelahiran Bandung itu.


Credit: Source link

Related Articles