Anak Tukang Becak Berhasil Buka Toko Kecantikan di Berbagai Kota

JawaPos.com – Merintis bisnis dari nol hingga menjadi besar adalah pencapaian yang membanggakan. Apalagi jika pelaku bisnisnya adalah orang-orang yang tidak punya modal kuat karena masa lalu yang serba kekurangan.

Hal ini yang terjadi pada couplepreneur Indra Rinaldy dan istrinya, Siti Sholikah. Mereka mengalami hal tersebut.

Indra Rinaldy tumbuh dari keluarga broken home, sementara istrinya yang akrab disapa Sol adalah anak seorang tukang becak di Nganjuk, Jawa Timur.

Kondisi yang serba kesulitan ini membuat mereka harus menjalani hidup yang mandiri, dan di sinilah titik balik hidup mereka. Muncul ide bisnis untuk bisa menopang kehidupan mereka.

“Mulanya kami berbisnis fashion dengan brand Hijup Panda di Jombang. Kemudian merambah ke bisnis skincare. Semuanya dari modal yang kecil, jualan melalui online,” ujar Indra dalam keterangan resminya.

Seiring berjalannya waktu, bisnis mereka mulai berkembang. Dari penjualan online, Indra dan Sol memiliki toko kecantikan dengan brand Panda Lovely. Perlahan-lahan tokonya mulai bertambah di tiga kota, yakni Jombang, Kediri, dan Tulungagung.  Mereka juga tetap menjalankan online store-nya di Instagram @pandalovely_id.

Memasuki masa pandemi pada 2020 lalu, bisnis mereka justru meroket. Panda Lovely baru saja melakukan grand opening toko keempatnya di tanggal 11 September 2021 lalu di Mojokerto.

“Jadi kami beranikan untuk buka store di kota lain,” katanya.

Berbekal kesuksesan tersebut, Indra dan Sol semakin semangat membuka toko di berbagai kota dan memiliki impian menjadi toko skincare nomor 1 di Indonesia. Indra mengklaim, tokonya memiliki konsep store kekinian yang nyaman dan menyediakan kelengkapan produk ter-update dari brand lokal dan internasional.

“Kami bekerjasama dengan ratusan merek skincare dan kosmetik seperti Wardah, Scarlett dan Somethinc. Brand luar juga tersedia di toko seperti COSRX, Ariul, dan masih banyak lainnya. Jadi pelanggan bisa dapat yang mereka cari dari satu toko saja,” tutur Sol.

Untuk mempertahankan pelanggannya, Indra dan Sol juga giat melakukan promosi melalui berbagai media sosial. “Alhamdulillah, di luar ekspektasi, antusiasme dan animo dari customer sangat besar. Apalagi ternyata sudah banyak yang tahu Panda Lovely sebelumnya,” ujar Indra.


Credit: Source link