Analis: AS Berusaha Menangkan Perang Dingin Baru Melawan China

by

in
Analis: AS Berusaha Menangkan Perang Dingin Baru Melawan China

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China, Xi Jinping (Foto: AFP)

Beijing, Jurnas.com – Cendekiawan Amerika Serikat (AS), Dennis Etler, mengatakan, dengan memanfaatkan pendekatan militer, ekonomi, dan politik, Presiden Donald Trump yang keras terhadap China, berusaha mengalahkan Beijing dalam Perang Dingin yang baru.

“AS berusaha menekan apa yang menurutnya merupakan keuntungannya dalam Perang Dingin melawan China,” kata Etler kepada Press TV pada Minggu (19/8).



Pernyataan itu muncul setelah seorang jenderal angkatan udara AS mengatakan, militer AS berencana melanjutkan kebebasan navigasi di Laut Cina Selatan untuk mencegah China mempertahankan kendali atas wilayah strategis.

Rappler menyebutkan, Kepala Staf Angkatan Udara AS, Jenderal David Goldfein, mengatakan, Washington tidak akan meninggalkan komitmen untuk mempertahankan sekutu-sekutunya di wilayah itu, jika mereka diserang.

Baca juga.. :

Ketegangan memuncak antara AS dan China karena sejumlah masalah, termasuk perang dagang Trump melawan Beijing dan kesediaannya untuk menjalin kesepakatan senjata dengan Taiwan meskipun ada peringatan dari China.

Etler mengatakan, kebijakan Trump terhadap China menjadi bumerang dan Beijing berhasil menempa hubungan berbasis dialog dengan negara-negara kawasan untuk menyelesaikan perselisihan mereka.

“Ini dapat dilihat sebagai respons terhadap dorongan diplomatik China untuk mencapai konsensus dengan ASEAN tentang kode etik untuk menyelesaikan perselisihan di kawasan ini,” katanya.

“AS akan melakukan semua dengan kekuatannya untuk mencoba dan menjegal Kode Etik Laut Cina Selatan-Cina Tiongkok-ASEAN yang dipandangnya sebagai ancaman terhadap upaya-upaya untuk campur tangan dalam urusan Asia Tenggara dan mengisolasi China dari mitra-mitra ASEAN,” sambungnya.

“Bagian dari upaya ini adalah untuk mengupas penuntut utama lainnya ke Laut Cina Selatan, Vietnam, dan Filipina dari berkolaborasi dengan China untuk menyelesaikan perbedaan mereka,” tambahnya.

“Hubungan memperdalam antara Cina dan ASEAN, secara ekonomi, diplomatik dan militer, dipandang AS sebagai ancaman langsung terhadap hegemoni di kawasan strategis dunia ini,” katanya, dengan alasan bahwa meskipun ada dorongan Washington, ikatan itu membaik.

Kerusuhan Hong Kong, kata Etler, adalah hasil dari kolusi selama beberapa dekade antara Washington dan komplotan rahasia oligarki Hong Kong yang berusaha untuk menggoyahkan Tiongkok.

“Ini adalah tugas orang bodoh dan tidak akan pernah terjadi, tetapi itu cocok dengan keinginan AS untuk menciptakan kekacauan sebanyak mungkin bagi China,” katanya.

“Ketika krisis semakin dalam, intrik AS di belakangnya semakin jelas dari hari ke hari yang hanya memperkuat sentimen patriotik orang-orang China baik di dalam maupun luar negeri,” tambahnya.

Namun, analis berpendapat bahwa Washington tidak memiliki kesempatan untuk mengalahkan Beijing.

“Di ketiga front, AS menekan apa yang menurutnya adalah keuntungannya dalam upaya menahan dan menggoyahkan China, secara ekonomi, militer dan diplomatik,” katanya.

TAGS : Hong Kong China Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/57792/Analis-AS-Berusaha-Menangkan-Perang-Dingin-Baru-Melawan-China/