Arab Saudi-Irak Jalin Kerja Sama Keamanan

by

in
Arab Saudi-Irak Jalin Kerja Sama Keamanan

Pemerintah Arab Saudi bertemu pemerintah Irak (The National)

Jakarta, Jurnas.com – Arab Saudi menyetujui rancangan perjanjian kerja sama keamanan dengan Irak dalam upaya untuk memperkuat hubungan dengan negara tetangga, Rabu (31/07) setempat.

Raja Salman memimpin rapat kabinet di kota Neom yang menugaskan Menteri Dalam Negeri, Pangeran Abdulaziz bin Saud, atau wakilnya untuk bertemu dengan para pejabat Irak untuk mengimplementasikan kesepakatan itu.



“Dewan menteri telah memberi wewenang kepada menteri dalam negeri Saudi untuk berdiskusi dengan pihak Irak tentang rancangan perjanjian kerja sama keamanan antara pemerintah Kerajaan dan Irak untuk menandatangani versi final dari perjanjian itu,” kata kantor pers Saudi dilansir The National.

Riyadh dan Baghdad telah berselisih sejak invasi Irak ke Kuwait pada tahun 1990, tetapi rekonsiliasi hubungan dimulai pada 2015, ketika Arab Saudi membuka kembali kedutaan besarnya di Baghdad, setelah 25 tahun.

Baca juga.. :

Irak akan membangun kehadiran permanen di perbatasan Saudi melalui pembangunan kompleks. Mantan Menteri Luar Negeri Saudi Adel Al Jubeir mengunjungi Baghdad pada Februari 2016.

Presiden Irak, Barham Salih, mengatakan, “Keamanan Teluk, keamanan Arab Saudi sangat penting bagi Irak dan juga keamanan Irak sangat penting bagi Teluk.”

Pada bulan April kedua negara menandatangani 13 perjanjian di bidang-bidang seperti keamanan, perdagangan, energi dan kerjasama politik. Penyeberangan perbatasan Arar diperkirakan akan dibuka kembali secara resmi pada 15 Oktober, ditutup pada 1990 setelah invasi Kuwait. Itu datang sebagai bagian dari perjanjian mereka untuk meningkatkan hubungan perdagangan.

Pembukaan kembali perbatasan Arar dipandang sebagai “dasar untuk kerja sama yang bermanfaat” antara keduanya, menteri perdagangan Saudi, Majid bin Abdullah Al Qasabi mengatakan pada Oktober 2017.

Negara Teluk berusaha merayu Baghdad sebagai bagian dari upaya gabungan dengan Washington untuk menghentikan pengaruh Iran yang sedang tumbuh, sementara Irak mencari keuntungan ekonomi dari hubungan yang lebih dekat dengan Riyadh.

Pada bulan Oktober 2017, dua bulan sebelum Irak menyatakan kemenangan atas ISIS, negara-negara membentuk Dewan Koordinasi Bersama Irak-Saudi, untuk membantu membangun kembali daerah-daerah yang hancur yang direbut kembali dari para militan di Irak.

Pada bulan Maret 2018, Riyadh menjanjikan $ 1 miliar (Dh3.67bn) ke Baghdad untuk pembangunan sebuah kota olahraga, serta empat konsulat, termasuk satu di Baghdad dan tiga lainnya di seluruh negeri.

Menteri perminyakan Irak, Thamer Al Ghadhban, mengatakan kota olahraga itu akan berlokasi di Baghdad. Arab Saudi juga berjanji untuk membangun Irak stadion sepak bola baru setelah pertandingan persahabatan antara kedua negara untuk pertama kalinya dalam hampir empat dekade.

Dalam pertemuan Dewan Menteri yang sama, kabinet sepakat untuk memulai pembicaraan dengan Kuwait tentang memerangi perdagangan manusia dan penyelundupan narkoba. Mereka juga menyetujui nota kesepahaman tentang kejahatan cyber dengan China.

TAGS : Arab Saudi Irak

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/56863/Arab-Saudi-Irak-Jalin-Kerja-Sama-Keamanan/