AS Disebut Hambat Upaya Global Basmi COVID-19

by

in
AS Disebut Hambat Upaya Global Basmi COVID-19

Presiden Iran, Hassan Rouhani berpidato di pertemuan para gubernur dan kepala pemerintah provinsi di Teheran pada 27 Januari 2020. (Foto: president.ir)

Teheran, Jurnas.com – Presiden Iran, Hassan Rouhani mengatakan, keputusan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menghentikan pendanaan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghambat upaya global memberantas pandemi virus corona baru (COVID-19).

“Pada saat COVID-19 berubah menjadi ancaman umum bagi keamanan internasional dan kesehatan masyarakat, WHO berada di garis depan perjuangan global virus mematikan tersebut,” kata Rouhani saat berpidato dalam rapat virtual para pemimpin Kelompok Kontak Gerakan Non-Blok (NAM) pada Senin (4/5).

“Tindakan tergesa-gesa dan tidak bertanggung jawab yang diambil pemerintah AS untuk mencabut dana WHO yang diperlukan harus dianggap sebagai kesalahan strategis lain oleh pemerintahan ini, yang menantang perjuangan global kolektif melawan COVID-19,” tambahnya.

Di bagian lain pidatonya, Rouhani juga meyinggung sanksi tidak adil Washington yang dijatuhkan pada bangsa Iran, yang dampaknya terhadap perang bangsa melawan virus corona.

“Selama bertahun-tahun dan melalui sanksi unilateral dan ilegal, AS hanya merampas hak bangsa Iran, tetapi tindakannya juga menimbulkan ancaman besar bagi multilateralisme dan kerja sama internasional,” ujar Rouhani.

Baca juga.. :

Rouhani mencatat bahwa Iran, seperti semua negara lain, berusaha dalam beberapa bulan terakhir untuk memenuhi kebutuhan medisnya, termasuk obat-obatan dan peralatan, di tengah pandemi virus yang mematikan.

“Tetapi karena sanksi ilegal dan sepihak yang dikenakan oleh AS, perusahaan yang memproduksi barang-barang seperti itu tidak dapat menyediakan Iran dengan produk-produk seperti itu pada waktunya,” ujar Rouhani.

Menurut Rouhani, butuh waktu tambahan dan kadang-kadang bahkan tidak mungkin bagi Iran untuk memenuhi kebutuhan medisnya karena sanksi AS yang melanggar prinsip-prinsip hak asasi manusia.

“Pengalaman global perjuangan melawan COVID-19 menunjukkan sudah saatnya tekanan dan ancaman muncul, menumbuhkan terorisme, dan tekanan yang meningkat pada negara-negara melalui terorisme ekonomi dan ancaman militer digantikan dengan kerja sama bilateral, multilateral dan internasional untuk memerangi nyata dan ancaman umum,” kata Rouhani.

Sejak COVID-19 meletus, Iran sudah bekerja sama dengan WHO dan menyusun rencana nasional strategis berdasarkan Peraturan Kesehatan Internasional (IHR), Rouhani mengatakan, menambahkan bahwa Iran juga telah bekerja sama dengan negara lain untuk melawan virus.

“Sebagai hasil dari langkah-langkah seperti itu, Republik Islam Iran sejauh ini telah berhasil secara efektif mencegah penyebaran virus di banyak kota dan wilayah di negara itu,” kata Rouhani.

Rouhani mencatat, upaya Iran untuk memerangi dan mengendalikan COVID-19 dievaluasi dalam kasus-kasus tertentu bahkan di luar dan di atas standar internasional. “Strategi strategis Republik Islam Iran untuk memerangi wabah virus masih berlanjut di negara dan kawasan itu,” katanya.

Virus baru yang dapat menyebabkan infeksi pernapasan yang berpotensi fatal yang disebut COVID-19 telah menewaskan lebih dari 249.000 orang di seluruh dunia, termasuk 6.200 lebih di Iran. Ini pertama kali muncul di pusat kota Wuhan Cina akhir tahun lalu.

Iran, salah satu negara Timur Tengah yang paling terpukul oleh pandemi ini, telah melakukan yang terbaik untuk mengatasi penyakit pernapasan meskipun kesulitan yang disebabkan oleh sanksi AS.

Pemerintahan Trump tidak hanya menentang seruan internasional dalam beberapa pekan terakhir untuk menghentikan sanksi kejam itu, tetapi bahkan telah menampar tindakan yang lebih ketat terhadap Republik Islam. (Press TV)

TAGS : Sanksi Amerika Serikat Virus Corona Donald Trump Hassan Rouhani

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/71702/AS-Disebut-Hambat-Upaya-Global-Basmi-COVID-19/