AS Hibah Kapal Penjaga Pantai untuk Vietnam

by

in
AS Hibah Kapal Penjaga Pantai untuk Vietnam

Salah satu pulau di Laut China Selatan/NYT

Hanoi, Jurnas.com – Amerika Serikat (AS) mengumumkan pada Rabu (20/11) bahwa mereka akan memberikan kapal penjaga pantai untuk Vietnam, dalam rangka menambah armada kapal negara tersebut.

Dengan kapal ini, Washington berharap Hanoi dapat meningkatkan kemampuannya untuk berpatroli di Laut China Selatan, di tengah ketegangan dengan China.

Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengungkapkan keputusan itu dalam pidato di Vietnam, yang muncul sebagai lawan paling vokal di Asia atas klaim teritorial Beijing di Laut China Selatan.

“Upaya sepihak China untuk menegaskan klaim kelautan tidak sah, mengancam akses negara-negara lain ke sumber daya alam yang vital, merusak stabilitas pasar energi regional, dan meningkatkan risiko konflik,” kata Esper dikutip dari CNA.

Bukan kali ini saja AS menyentil China di Laut China Selatan. Pada Mei lalu, Washington berlayar ke dekat pulau-pulau yang masuk dalam teritori Laut China Selatan.

Baca juga.. :

Juru bicara militer AS, Clay Doss kala itu mengatakan bahwa kapal perusak berpeluru kendali, Preble dan Chung Hoon melakukan perjalanan 12 mil laut dari Gaven dan Johnson Reef di Kepulauan Spratly.

TAGS : Kapal Penjaga Pantai Vietnam Amerika Serikat Laut China Selatan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/62664/AS-Hibah-Kapal-Penjaga-Pantai-untuk-Vietnam/