AS Tangkap Kapal Barang Ilegal China

by

in
AS Tangkap Kapal Barang Ilegal China

Kapal Kargo China

Jakarta, Jurnas.com – Amerika Serikat untuk pertama kalinya menangkap sebuah kapal barang karena dinilai melanggar sanksi ekonomi oleh Washington dan PBB, pertanda lain bahwa hubungan kedua negara sekali lagi menuju selatan setelah pencairan singkat.

Departemen Kehakiman AS mengumumkan, kapal, yang dikenal sebagai “Wise Honest” berada di tangan Amerika Serikat untuk pengiriman ilegal. Kapal itu pertama kali disita oleh Indonesia pada bulan April 2018.



Menurut pernyataan DOJ, kapal itu dioperasikan oleh Perusahaan Pengiriman Korea Songi. Perusahaan itu dituduh melanggar hukum AS dengan membayar dolar Amerika untuk perbaikan, pembelian peralatan, dan pengeluaran layanan untuk kapal melalui lembaga keuangan AS yang tidak disadari.

“Pembayaran dengan total lebih dari $ 750.000 ditransmisikan melalui akun di lembaga keuangan AS sehubungan dengan pengiriman batubara Maret 2018 di atas Wise Honest,” kata pernyataan itu dilansir PressTV.

Baca juga :

Washington mengajukan surat perintah penyitaan untuk kapal itu pada Juli 2018. Wise Honest mendekati perairan teritorial AS di lepas Samoa Amerika, kata pejabat departemen itu.

“Tidak ada hubungan sama sekali antara kegiatan baru-baru ini oleh Korea Utara,” Geoffrey Berman, pengacara AS untuk Distrik Selatan New York, mengklaim. “Kami telah mengejar ini selama berbulan-bulan.”

Dalam upaya untuk memblokir pendanaan Korea Utara untuk program rudal nuklir dan balistiknya, Washington telah mempelopori beberapa putaran sanksi terhadap negara Asia Tenggara di Dewan Keamanan PBB sejak 2006.

Larangan itu sebagian besar menargetkan ekspor Pyongyang, termasuk batubara, besi, timah, tekstil dan makanan laut, sementara juga menghambat impor minyak mentah dan produk-produk minyak sulingan.

Korea Utara sebagian besar tetap tidak terpengaruh menurut pengamat sanksi PBB, yang melaporkan pada bulan Maret bahwa Pyongyang terus menentang langkah-langkah “melalui peningkatan besar-besaran dalam pengiriman kapal-ke-kapal ilegal untuk produk-produk minyak dan batubara.”

TAGS : Kapal Kargo China Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/52389/AS-Tangkap-Kapal-Barang-Ilegal-China/