ASEAN NCAP sosialisasikan fitur keselamatan kendaraan di Jakarta

Jakarta (ANTARA) – Lembaga penguji keselamatan kendaraan baru di ASEAN (ASEAN NCAP) bekerjasama dengan Politeknik APP Jakarta dan PT Karya Fajar Ultima (KyFU) menggelar sosialisasi fitur-fitur keselamatan kendaraan yang diikuti para mahasiswa politeknik milik Kementerian Perindustrian tersebut.

Kegiatan bertajuk Vehicle Safety Course (VSC) yang melibatkan Safety Research (MIROS) itu diisi dengan pemaparan berbagai pihak yang peduli terhadap keselamatan berkendara, termasuk dari para insinyur manufaktur dan pembuat fitur keselamatan kendaraan.

Melalui VCS diharapkan para peserta akan mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya mengenai fitur keselamatan kendaraan, tidak hanya dari pembuat kendaraan tapi juga dari pembuat fitur itu sendiri, kata KyFU dalam siaran persnya, Jumat.

Baca juga: Berapa peringkat uji tabrak ASEAN NCAP untuk Suzuki Ertiga 2019?

Presentasi dibuka oleh Adrianto Sugiarto Wiyono yang merupakan dosen di Politeknik APP Jakarta, juga sebagai anggota Technical Committe ASEAN NCAP, serta advisor pada PT Karya Fajar Ultima (KyFU) dengan topik Road Safety di Indonesia.

Sesi selanjutnya adalah tentang pengenalan terhadap ASEAN NCAP oleh Pn. Salina Mustaffa, dilanjutkan oleh En. Ts. Yahaya Ahmad, Technical Leader ASEAN NCAP, tentang protokol pengujian kendaraan dari ASEAN NCAP.

Sementara Katsuya Matsumura dari Toyota mempresentasikan mengenai safety assist yang ada pada kendaraan produksi Toyota. Nissan diwakili oleh Jun Nakashima, menyampaikan tentang fitur-fitur keselamatan pada kendaraan listrik Nissan.

Dalam kesempatan ini perwakilan dari Bosch Benhard Simanjuntak pun hadir menyampaikan paparan tentang berbagai teknologi keselamatan yang dibuatnya, terutama teknologi AEB (Autonomus Emergency Braking).

Bunditphong Promsiri dari Honda memaparkan tiga teknologi sekaligus yaitu Lane Watch, AEB, dan Child Protection/ Child Present Detection (CPD).

Tidak hanya di dalam kelas, VSC kali ini juga diisi demonstrasi fitur keselamatan kendaraan dengan menghadirkan Toyota bz4X dan Honda WR-V.

Di sela kegiatan ini, MIROS dan KyFU juga menandatangani nota kesepahaman untuk membangun kerja sama dalam bidang keselamatan jalan, baik dalam bentuk pelatihan, pengembangan teknologi, penelitian, kegiatan, dan berbagai hal yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya di wilayah ASEAN.

Baca juga: Honda WR-V raih predikat tingkat keselamatan tertinggi dari ASEAN NCAP

Baca juga: All New HR-V dan BR-V raih rating tertinggi uji tabrak ASEAN NCAP

Baca juga: Toyota All New Veloz raih rating lima bintang ASEAN NCAP

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023

Credit: Source link