Aston Martin DB12 meluncur dengan mesin AMG V8 bertenaga 671 hp

Aston Martin DB12 meluncur dengan mesin AMG V8 bertenaga 671 hp
Jakarta (ANTARA) – Aston Martin resmi meluncurkan DB12, hadir dengan mesin AMG V8 yang mampu memuntahkan tenaga 671 hp dan kecepatan tertinggi 325 kilometer per jam.

Aston Martin DB12 meninggalkan mesin V12 untuk menggunakan mesin V8 yang dipasok oleh divisi AMG Mercedes-Benz. Namun, hal tersebut tidak mengurangi kapabilitasnya, seperti dikabarkan laman Auto Hindustan, Kamis (25/5).

Aston Martin mengatakan bahwa mesin V8 twin-turbo 4.0 liter dipadukan dengan transmisi otomatis delapan percepatan dan dioptimalkan untuk memberikan daya yang lebih besar daripada sebelumnya, menjadikan mobil itu bahkan lebih bertenaga daripada DB11 V12.

Mesin itu menghasilkan tenaga puncak sebesar 671 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 800 Nm antara 2.750 dan 6.000 rpm. Ini berarti mesin V8 menghasilkan 30 persen lebih banyak tenaga daripada pendahulunya yang menggunakan mesin V8, dan 41 hp lebih banyak dari mesin V12 5.2 liter DB11 AMR.

Baca juga: Aston Martin akan rilis delapan mobil sport dalam tiga tahun ke depan

Coupe baru tersebut dapat mencapai kecepatan 96 kilometer per jam dari posisi diam hanya dalam waktu 3,5 detik dengan kecepatan maksimum 325 kilometer per jam.

Untuk meningkatkan performa, Aston Martin mengklaim telah dilengkapi dengan suspensi yang dapat mengatasi gaya yang lebih besar. Mobil itu dilengkapi dengan peredam adaptif generasi terbaru dan batang anti-roll yang lebih kaku.

Terdapat tiga mode mengemudi berbeda yang bisa dipilih oleh pengemudi DB12, yaitu GT, Sport, dan Sport+.

Berbicara tentang desainnya, Aston Martin DB12 memiliki desain yang akrab dengan mobil-mobil lain dari perusahaan tersebut, namun, sepenuhnya direvisi.

Terdapat gril raksasa yang mendominasi profil depan, yang dikelilingi oleh lampu depan LED yang lebih tajam. Di bawah gril terdapat splitter yang sepenuhnya direvisi. Mobil itu juga memiliki emblem baru dari Aston Martin.

Baca juga: Aston Martin luncurkan produk elektrik terbaru pada musim panas

Mobil juga menggunakan roda standar berukuran 21 inci dengan cakram depan 400 milimeter dan cakram belakang 360 milimeter. Pada profil samping, mobil dilengkapi dengan kaca spion tanpa bingkai dan pegangan pintu yang rata, menambah kesan ramping pada coupe dan membantu mengurangi koefisien drag.

Di dalam kokpit, coupe itu dilengkapi dengan konsol tengah yang sangat fokus pada pengemudi. DB12 mendapatkan sistem hiburan layar sentuh yang baru dengan dukungan Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel.

Aston Martin mengatakan sistem hiburan juga mencakup sistem navigasi baru dengan konektivitas daring dan pemetaan 3D, serta aplikasi perangkat seluler yang menerima pembaruan over-the-air.

Aston Martin mengatakan mereka akan mulai mengirimkan DB12 baru ini pada kuartal ketiga tahun ini. Namun, mereka belum mengungkapkan rincian harga DB12 tersebut. 

Baca juga: Toyota dan Suzuki garap mobil sport kecil bermesin 1.0 liter

Baca juga: Ferrari hadirkan 296 GTS, mobil sport hybrid dengan atap terbuka

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023

Credit: Source link

Related Articles