Astra akselerasi pendidikan di daerah serambi IKN Nusantara

Astra akselerasi pendidikan di daerah serambi IKN Nusantara
Jakarta (ANTARA) – Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D Ruslim (YPA-MDR) melakukan kolaborasi untuk mengakselerasi keunggulan sekolah di daerah serambi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara melalui program empat pilar yaitu karakter, akademis, seni budaya, kecakapan hidup.

Astra juga turut berfokus terhadap infrastruktur agar sekolah dapat memberikan pelayanan maksimal terhadap pendidikan.

“Kami apresiasi kontribusi Astra sebagai mitra pembangunan dalam dunia pendidikan. Astra memahami betapa pentingnya pendidikan dalam menciptakan generasi masa depan yang berkompeten dan berdaya saing. Astra telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung percepatan dalam pendidikan,” ujar Direktur SMK Kemendikbud, Dr. Drs. Wardani Sugiyanto, M.Pd., melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.

Pada kegiatan kali ini, Astra melalui YPA-MDR melakukan penandatanganan M.o.U kerja sama dengan Pemerintah Daerah. Penandatanganan M.o.U turut dihadiri oleh Direktur SMK Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Dr. Drs. Wardani Sugiyanto, Kepala Bidang SMK Provinsi Kalimantan Timur M. Kurniawan, Sekretaris Daerah Penajam Paser Utara H. Tohar, Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Drs. H. Alimuddin, Direktur Astra Gita Tiffani Boer, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, dan Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim beserta jajaran.

Baca juga: Sebanyak 662 guru SMK belajar motor listrik bareng AHM

Direktur Astra, Gita Tiffany Boer menjelaskan bahwa Astra melalui YPA-MDR berkomitmen untuk melaksanakan dan mengembangkan program kontribusi sosial yang berkelanjutan sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap masyarakat Indonesia.

“Salah satunya meningkatkan pendidikan di berbagai wilayah di Indonesia. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur pendidikan, menyediakan fasilitas dan sumber daya yang memadai, serta meningkatkan kompetensi para guru dan staf pendidikan melalui pelatihan dan pengembangan profesional,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Gita, kerja sama itu juga dapat mencakup pemberian bantuan peralatan pendidikan, dan program-program peningkatan kesadaran akan pentingnya pendidikan.

Astra melalui YPA-MDR membina 11 Sekolah Dasar, dua Sekolah Tingkat Menengah dan dua sekolah tingkat SMK di kawasan IKN Nusantara. Dukungan itu akan mencakup pembangunan dan renovasi fasilitas sekolah, termasuk ruang kelas, perpustakaan, dan laboratorium, serta fokus peningkatan kompetensi kepala sekolah, guru dan siswa secara berkelanjutan.

Tidak hanya itu, YPA-MDR menyasar komite sekolah yang diharapkan dapat membantu dalam menjalankan proses percepatan keunggulan sekolah.

Baca juga: Astratech siap cetak SDM unggul di industri otomotif

Astra melalui YPA-MDR juga telah meluncurkan program Guru Muda Garda Depan (GMGD) Angkatan IV yang bertujuan membantu dan mengakselerasi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah binaan Astra melalui keterampilan dan pengetahuan yang komprehensif untuk menciptakan suasana belajar yang inspiratif serta mendorong inovasi di kalangan guru dan siswa.

Sebanyak 26 sosok Guru Muda Garda Depan ditugaskan di dua wilayah, terbagi menjadi 15 guru muda untuk wilayah IKN Nusantara dan 11 guru muda di wilayah Manggarai Timur.

Selanjutnya, seluruh peserta Guru Muda Garda Depan angkatan keempat akan diserahkan secara langsung ke pihak bupati Penajam Paser Utara serta bupati Manggarai Timur untuk dapat berkolaborasi serta mewujudkan pendidikan yang unggul di daerah sekitarnya.

Guru Muda Garda Depan sebelumnya telah menjalani proses seleksi yang ketat serta mengikuti pelatihan komprehensif di Salatiga. Program pelatihan itu membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk siap dalam menjalankan tugas serta melewati berbagai tantangan yang mungkin mereka hadapi di daerah masing-masing.

“Kami sangat bersemangat dengan kerja sama ini dan kesempatan untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kawasan Serambi Ibu Kota Negara Nusantara. Kami percaya bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat memberikan dampak yang positif bagi generasi mendatang,” kata Ketua Pengurus YPA-MDR, Gunawan Salim.

Sementara itu, pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga menyampaikan apresiasi terkait kerja sama tersebut.

“Kami menghargai peran Astra melalui YPA-MDR dalam mendukung pembangunan pendidikan di Kabupaten PPU. Kerja sama ini akan menjadi langkah penting dalam meningkatkan aksesibilitas, kualitas dan kesetaraan pendidikan di daerah ini,” kata Sekda PPU, H. Tohar.

Melalui kerja sama strategis itu, Astra melalui YPA-MDR dan Pemerintah Daerah menegaskan komitmen dalam berkontribusi penuh terhadap percepatan pengembangan pendidikan di area strategis Kawasan Ibu Kota Negara Nusantara demi menyiapkan sekolah berwawasan global, unggul dan mempunyai karakter.

Baca juga: Trakindo bina sekolah di Indonesia terapkan “challenge-based learning”

Baca juga: Kalbe resmikan fasilitas MCK di kampung Paniis

Baca juga: MPMX jalankan program “Green Action” di NTT

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023

Credit: Source link

Related Articles