Audi disebut akan luncurkan SUV listrik Q8 e-tron di India Agustus

Audi disebut akan luncurkan SUV listrik Q8 e-tron di India Agustus
Jakarta (ANTARA) – Perusahaan mobil mewah Jerman, Audi akan meluncurkan SUV listrik Q8 e-tron di India bulan depan untuk memperkuat portofolio kendaraan listriknya di negara tersebut, menurut seorang pejabat senior perusahaan.

Perusahaan akan meluncurkan Q8 e-tron pada tanggal 18 Agustus, dalam dua jenis model yaitu Q8 e-tron SUV dan Q8 e-tron Sportback, dengan baterai 114 kW yang menawarkan jarak tempuh lebih jauh dibandingkan dengan e-tron yang ada saat ini yang memiliki baterai 95 kW.

“Kami pada dasarnya memperkuat portofolio produk kendaraan listrik (EV) kami dan (membawa) apa yang tersedia secara global juga untuk pelanggan kami di India,” kata Kepala Audi India, Balbir Singh Dhillon, kepada PTI seperti disiarkan Times of India pada Jumat waktu setempat.

Apapun yang memiliki potensi bisnis yang positif, kata dia, pihaknya ingin membawa ke India. ‘Dan dengan Q8 e-tron kami ingin memperkuat portofolio (EV) kami dengan yang terbaru yang tersedia di seluruh penawaran Audi,” ucapnya.

Baca juga: Melihat spesifikasi Audi A6

Dhillon mengatakan Q8 e-tron diluncurkan di India dalam siklus yang sama dengan peluncurannya secara global, menegaskan pentingnya pasar India.

“Jadi, kami sangat optimis melihat model ini untuk memperkuat jangkauan EV kami di India,” tambahnya.

Portofolio EV saat ini dari Audi India mencakup e-tron 50, e-tron 55, e-tron Sportback 55, e-tron GT, dan RS e-tron GT.

Dia mengatakan Q8 e-tron akan diimpor sebagai unit yang sepenuhnya jadi dan akan menjadi salah satu varian paling tinggi di portofolio.

Audi telah memutuskan untuk fokus pada kendaraan bensin dan listrik sebagai bagian dari strategi global untuk menjadi perusahaan mobil yang sepenuhnya listrik pada tahun 2033.

Baca juga: Dasbor canggih mobil mewah membuat pengemudi kesal

“Kami fokus pada hal yang sama. Dengan Q8 e-tron, kami memulai perjalanan kami menuju generasi berikutnya (kendaraan listrik). Kemudian dalam beberapa tahun mendatang, kami juga akan melihat lebih banyak mobil listrik masuk ke India,” kata Dhillon.

Dia mengatakan bahwa di India, kendaraan listrik Audi di segmen mewah semakin diminati meskipun mobil-mobil ini dijual dengan kisaran harga yang tinggi dan hanya segmen pelanggan yang sangat terbatas yang dituju.

“Persentase mobil listrik yang kami jual dalam hal jumlah total masih sangat rendah tetapi ini terus berkembang dan semoga dalam waktu yang akan datang akan semakin meningkat. Pada suatu hari nanti kami akan menjadi perusahaan mobil yang sepenuhnya listrik. Jadi fokus tetap pada membuat e-tron menjadi merek yang lebih kuat di India,”kata dia.

Namun, dia menambahkan bahwa penerimaan terhadap mobil listrik, termasuk e-tron, sangat positif, tidak hanya di kota-kota besar, tetapi di kota-kota kategori B dan C.

Audi mencatat peningkatan penjualan ritel sebesar 97 persen di India menjadi 3.474 unit dalam paruh pertama tahun 2023, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pada tahun 2022, Audi India mencatat penjualan sebanyak 4.187 unit, dibandingkan dengan 3.293 unit pada tahun 2021, dengan pertumbuhan sebesar 27,14 persen. 

Baca juga: Audi Q7 di Amerika harus ditarik karena masalah pada kamera depan

Baca juga: Audi akan ubah strategi penamaan model EV dan ICE

Baca juga: Audi siapkan 20 model mobil untuk 2025, setengahnya EV

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023

Credit: Source link

Related Articles