Azis Syamsuddin Maknai Maulid Nabi Tingkatkan Spirit Toleransi

by

in
Azis Syamsuddin Maknai Maulid Nabi Tingkatkan Spirit Toleransi

Wakil Ketua DPR, Azis Syamsudin

Jakarta, Jurnas.com – Maulid Nabi menjadi perayaan istimewa bagi umat Muslim Indonesia yang diperingati setiap tahun. Dijarapkan. Diharapkan, Maulid Nabi dapat meningkatkan toleransi sesama anak bangsa.

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin menyampaikan imbauan kepada seluruh Muslim Indonesia untuk memaknai Maulid Nabi ini dengan meningkatkan spirit dalam membangun negeri berdasarkan sikap dan kepribadian Rasulullah SAW.

“Nabi Muhammad merupakan suri tauladan yang harus diteladani oleh kita semua. Sikapnya dalam menghadapi perbedaan, jiwa sosial tinggi, perhatiannya terhadap pendidikan serta menjaga keimanan terhadap Allah merupakan sikap utama yang rasulullah selalu amalkan dalam kesehariannya,” kata Azis, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/10).

Sebagai salah satu Nabi Allah yang menjadi idola setiap Muslim di seluruh dunia, Nabi Muhammad memiliki akhlak yang sangat mulia. Melalui perjuangannya berdasarkan kehendak Allah SWT, beliau mampu menjaga semua umat dalam kerukunan dibawah tuntunan syariat Islam.

“Terciptanya masyarakat madani tidak lepas dari peran serta masyarakat dalam menjaga toleransi, khususnya dalam hal keberagaman Agama. Rasulullah SAW, menjadi teladan utama dalam memberikan contoh sikap toleransi yang indah. Seperti yang beliau hadapi pada zamannya,” kata Azis.

Baca juga.. :

Azis menjelaskan bahwasanya keberagaman sudah terjadi pada masa Nabi Muhammad berjuang di jalan Allah dalam menegakkan agama Islam. Terdapat berbagai macam suku, etnis, kebudayaan serta agama. Keberagaman tersebut kemudian dapat tetap bersatu dan berdampingan dibawah syariat Islam yang di bawa oleh Nabi Muhammad SAW.

Namun, apabila kehidupan tersebut jauh dari ajaran dan syariat Islam, serta setiap pribadi mengutamakan hawa nafsu semata, maka akan terjadi hal yang tidak dinginkan, salah satunya adalah perpecahan.

“Kita memahami bahwa Indonesia memiliki keberagaman dalam segala aspek. Namun, hal ini bukan semata menjadi hal yang perlu ditakuti. Islam mengajarkan bahwa perbedaan merupakan sebuah rahmat dan karunia besar dari Allah SWT,” sambung Azis kembali.

Isu perpecahan Indonesia saat ini menjadi hal yang sangat mengkahwatirkan sekaligus menjadi duka mendalam bagi kita semua. Hal-hal seperti ini tidak sepatutnya terjadi di Negara yang menjunjung tinggi ideologi Pancasila serta spirit Kebhinekaan.

“Melalui perayaan Maulid Nabi ini, Saya berharap seluruh masyarakat Indonesia dapat memperkokoh kesatuan dan persatuan antar suku, etnis, kebudayaan dan agama sesuai dengan apa yang telah Nabi Muhammad SAW ajarkan sebelumnya. Dengan begitu, Indonesia akan tetap menjadi negara yang aman dan rukun dalam keberagaman,” pungkas Azis.

TAGS : Warta DPR Pimpinan DPR Azis Sumsuddin

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/61650/Azis-Syamsuddin-Maknai-Maulid-Nabi-Tingkatkan-Spirit-Toleransi/